MAN 2 Banjarnegara Siap Lahirkan Kader Kesehatan Masyarakat

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara mendelegasikan 6 siswanya dalam kegiatan Pengukuhan Trainer Konselor Sebaya menjadi Kader Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Puskesmas Banjarnegara 1 pada Rabu, (2/6) di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen.

Kegiatan tersebut sedianya dilaksanakan tahun 2020, namun terhalang pandemi Covid-19 sehingga baru terlaksana tahun 2021. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa tentang kesehatan serta pengukuhan Trainer Konselor Sebaya yang tujuan akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

 “Kegiatan ini selain untuk mengukuhkan mereka menjadi Trainer Konselor Sebaya juga untuk melatih kepemimpinan mereka di tengah masyarakat utamanya dalam bidang kesehatan,” ungkap drg. Erna Sri Rejeki selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut.

Sementara Ridlo Pramono, selaku Kepala Madrasah mengapresiasi acara ini dan berharap peserta didik dapat bermanfaat di masyarakat kelak. “Saya bangga dengan peserta didik yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, apalagi kita yang paling banyak diundang di antara empat sekolah lainnya di sekitar Puskemas Banjarnegara 1. Tebarkan ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan nanti di masyarakat agar menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama terutama dalam bidang kesehatan,” jelasnya.

Hal Senada juga disampaikan oleh Agus Mahmud selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan. “Kita delegasikan kader-kader terbaik dari PMR (Palang Merah Remaja) untuk mengikuti kegiatan ini. Harapannya dapat memperoleh wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas dan nantinya dapat ditularkan kepada peserta didik lainnya. Dari 12 peserta yang diundang, ada enam yang bisa hadir. Selebihnya izin karena sedang ada kegiatan di tempat lain, sebab kebetulan sebagian besar dari mereka adalah peserta didik kita yang sudah lulus tahun ini,” jelasnya.

Kegiatan Pengukuhan dimulai sekitar pukul sembilan pagi di kawasan Pantai Suwuk dengan formasi peserta membentuk barisan upacara. Setelah kegiatan pengukuhan dilanjutkan dengan perjalanan ke pantai Jetis, makan siang, istirahat, hunting oleh-oleh dan perjalanan pulang ke Banjarnegara sekitar pukul empat sore.

Fikri Ferdiansyah, salah satu peserta mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatannya sampai sore dan lancar. Saya akan berusaha mengamalkan ilmu dan keterampilan dari kegiatan ini mulai dari hal kecil di sekeliling saya. Semoga kegiatan serupa terus ada dan bisa melahirkan Kader Kesehatan Masyarakat terbaik untuk Indonesia sehat,” pungkasnya. (ta/ak/rf)