MAN 2 Kota Semarang, Empat tahun raih 100 lebih trophy kejuaraan

Semarang, Group Rebana An Najah MAN 2 Kota Semarang berhasil meraih juara II pada kejuaraan Lomba Kreasi Seni Rebana (LKSR) se-Kota Semarang yang diselenggarakan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kota Semarang. Lomba berlangsung di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (PKMU UNNES) Lantai 2, Minggu (09/04).

Pada kejuaraan tersebut, group rebana yang beranggotakan siswa kelas 10 ini membawakan lagu wajib Khoirul Bariyah, dan lagu pilihan Shalatullaha Barina. Syaiful Hadi, sang pelatih menyatakan puas dengan anak didiknya, mengingat persiapan lomba yang hanya dipersiapkan dalam waktu singkat.

“Alhamdulillah, tidak sia-sia selama 2 (dua) minggu An Najah latihan dengan keras. Meskipun tergolong masih junior dan beranggotakan kelas 10 semua, berhasil menjadi juara ke-2,” ucapnya senang. Ia berpesan kepada anak didiknya, “Jangan bangga menjadi juara, karena untuk menjadi juara itu mudah tapi untuk mempertahankannya itu sulit. Tetaplah bersemangat, dengan berniat sholawat, insya Allah manfaat,”.

Ketika dimintai tanggapan atas prestasi anak didiknya, Selasa (12/04) Kepala MAN 2, Taufik memaparkan bahwa di madrasahnya terdapat 100 buah lebih trophy kejuaraan dari tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional yang diraih siswa MAN 2 Kota Semarang dalam kurun waktu 4 (empat) tahun terakhir. “Prestasi ini dicapai melalui program pembinaan dan pelatihan secara intensif di bidang Kerohanian, Organisasi dan Minat-Bakat,” kata Taufik.

Kegiatan ekstra kurikuler di MAN 2 Kota Semarang dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu Bidang Organisasi, terdiri dari kegiatan OSIS, Pramuka, PMR, Paskibra, Majlis Permusyawaratan Kelas (MPK), Ketakmiran Masjid (KMM), Majalah siswa (Latansa), Koperasi Siswa dan Patroli Keamanan Madrasah (PKM). Selanjutnya Bidang Baca Tulis Al Qur’an & Teknik Informatika dan Komputer (TIK) merupakan kegiatan wajib. Bidang Seni meliputi Seni Baca Qur’an, tari, kaligrafi, rebana, nasyid, band dan vocal. Sedangkan Bidang Olahraga ada beberapa pilihan yaitu Futsal, Basket, Bola volley dan Pencaksilat. Terakhir Bidang Akademik berupa kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR), English club, Arabic club, sains club (kimia,biologi, fisika, ekonomi, matematika).

Kamad mengutarakan, “Untuk ekstra kurikuler, anak didik diberikan pilihan kegiatan sesuai bakat dan minat masing-masing. Sedangkan pengembangan prestasi di bidang futsal, pencak silat, rebana/nasyid dan OSIS mendapat perhatian khusus agar bisa diraih prestasi puncak yang pada gilirannya bisa membawa nama baik MAN 2 Kota Semarang,” pungkas Taufik.(jkm-ch)