MAN 2 Rembang Ikuti Lomba Kamabigus Tingkat Jawa Tengah

Rembang — Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi mewakili Kabupaten Rembang mengikuti lomba Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) tingkat Jawa Tengah. Lomba ini diadakan oleh Kwarda Jawa Tengah pada awal Juni 2021.

Dalam lomba ini, Kasnawi menyampaikan strategi MAN 2 Rembang dalam menyelenggarakan kegiatan Pramuka selama masa pandemi. “Kami sadar bahwa di masa pandemi ini semua pembelajaran tatap muka dibatasi, termasuk penyelenggaraan ekstra kulikuler Pramuka,” ujar Kasnawi.

Untuk tetap mengaktifkan kegiatan Pramuka, pihaknya mengadakan kegiatan secara daring melalui zoom meeting. Tentunya dengan sepengatahuan wali kelas dan wali murid. Kegiatan ini semata-mata dilaksanakan untuk tetap memupuk semangat siswa dalam berkegiatan Pramuka sebagai hobi dan passion mereka.

Kegiatan pramuka melalui zoom meeting ini diadakan secara bergantian (sistem shift), sehingga semua siswa bisa mengikuti. “Kami berupaya menarik siswa untuk tetap mengikuti kegiatan Pramuka meskipun lewat zoom meeting,” kata Kasnawi.

Output yang didapatkan dari kegiatan Pramuka daring ini cukup memuaskan. Anggota Penegak bisa menciptakan karya dengan mendaur ulang barang bekas menjadi barang kerajinan seperti tas, lampu dan lainnya.

“Kami mendorong siswa untuk menerima materi pendidikan karakter melalui zoom meeting dan menciptakan karya yang bermanfaat,” kata Kasnawi.

Semua materi yang diterima anggota penegak lantas didokumentasikan dan dikumpulkan di markas Gudep Gudep 14049/14050 MAN 2 Rembang.

Dengan tetap aktif berkegiatan, pihaknya mampu menjadi juara 1 lomba Gudep Mantap tingkat Kecamatan hingga Kabupaten. Hingga saat ini, Gudep 14049/14050 ambalan “Sudirman/Rokhana Kudus mewakili Kabupaten Rembang mengikuti lomba Gudep Mantap tingkat Jawa Tengah. Selain itu, Kasnawi selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) juga mengikuti lomba Kamabigus tingkat Jawa Tengah.

Lomba yang diikuti tentu saja dengan memenuhi delapan standar Pramuka, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen dan administrasi, dana, sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan dan kehumasan. — iq