MAN 2 Rembang Raih Juara II Lomba Pidato

Rembang – Talenta peserta didik MAN 2 Rembang terus digembleng oleh madrasah. Usaha ini tak sia-sia karena beberapa peserta didik berhasil membuktinnya dengan meraih prestasi, di antaranya pada lomba pidato yang diadakan dalam ajang MPI Festival 2021 yang diadakan oleh UIN Sunan Kalijaga pada  23-27 Agustus 2021.

Peserta didik MAN 2 Rembang tersebut adalah Putra Bagas Satria, siswa kelas X MIPA 1. Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi menyampaikan apresiasi kepada Bagas atas prestasi yang diraih. Ia menilai, lomba pidato ini menunjukkan bakat peserta didik dalam komunikasi publik yang piawai dan luwes.

“Apa pun bakat dan kompetensi siswa selalu kita dukung, baik bidang akademik dan non akademik. Bahkan kita mempunyai waktu khusus untuk melatih dan membimbing siswa,” kata Kasnawi.

Kasnawi manambahkan, doa dan usaha maksimal merupakan syarat dalam memenangkan kompetisi apapun. Barokah menjadi peserta didik karena rajin ibadah. “Semoga prestasi Bagas ini akan menjadi pelecut bagi para peserta didik MAN 2 Rembang umumnya untuk terus berprestasi dan menjadi yang terbaik,” tutur Kasnawi.

Putra Bagas Satria adalah peserta didik dengan program tahfidz yang mmebawakan pidato dengan judul “Pemuda Harapan Ummat”.

Penjurian Lomba Pidato ini dilangsungkan pada Senin sampai sabtu (23-27/8) Yang diikuti oleh peserta SMA/MA sederajat. Bagas terbukti mampu memikat para juri hingga berhasil menyabet juara 2, mengalahkan peserta lainnya. Atas kemenangannya ini, Bagas merasa bersyukur, “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali karena ini merupakan torehan prestasi pertama di MAN,” ucap Bagas.

Sementara itu, Darul istichanah yang membimbing dalam penyusunan teks pidato Bagas menyatakan kebahagiaan dan kebanggaannya. “Bangga pastinya, karena saya tahu bagaimana ikhtiar yang dilakukan Bagas saat melakukan persiapan mengikuti lomba ini. Bagas tekun berlatih, selalu aktif meminta pendapat terkait penggunaan bahasa dalam teks pidatonya,” ungkap Darul. – rif/iq