MAN 3 Cilacap Sabet Dua Penghargaan Dari KPPN

Cilacap – Tahun 2018 MAN 3 Cilacap kembali mendapatkan piagam penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Tidak tanggung-tanggung, kali ini MAN 3 berhasil menyabet dua prestasi sekaligus. Yakni sebagai peringkat pertama Satuan Kerja Berkinerja Terbaik Mitra Kerja KPPN Cilacap Semester 2 tahun 2017 dan prestasi sebagai peringkat kedua Satuan Kerja Terbaik Mitra Kerja KPPN Cilacap Kategori Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Semester 2 Tahun 2017.

Kepala MAN 3 Cilacap, Muhadin mengatakan bahwa, kerja keras dengan penuh disiplin yang diterapkannya semakin membuahkan hasil. Hal ini dilihat dari beberapa kali penghargaan yang diterima MAN 3 Cilacap dari KPPN. Untuk itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen terkait. Dia sangat mengapresiasi kinerja aparaturnya khususnya para pengelola keuangan.

“Penghargaan yang kita raih bukanlah tujuan utama dari usaha yang kita lakukan, melainkan hanya sebagai pemacu agar kita lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas kinerja kita. Tujuan utama kita dalam bekerja adalah mencari ridla Allah SWT. Karena itu, janganlah kita terlena dengan apa yang kita raih, tetapi justru kita harus berfikir bagaimana cara agar bisa terus lebih baik. Dengan begitu kita dapat mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT melalui peningkatan kualitas kinerja. Inilah yang harus terus kita ingat dan lakukan terhadap tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,”Ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, para pengelola madrasah sudah seharusnya dapat menjadi yang terbaik. Hal didasarkan pada apa yang menjadi tujuan atau cita-cita masyarakat atas lahirnya madrasah. Sehingga menurutnya sangat ironi jika pengelola madrasah tidak bisa bersaing dengan lembaga lainnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha, Wahidin selaku pemegang mandat berkomitmen untuk terus bekerja keras meningkatkan kualitasnya. Menurutnya, prestasi yang diraihnya adalah efek dari kerja yang ikhlas dan kerja tuntas. Sehingga penghargaan ini diterima dengan penuh rasa tanggung jawab. Artinya jelas MAN 3 Cilacap tidak mengada ada,  tapi penghargaan ini diterima berkat usaha yang gigih untuk bagaimana memerapkan kerja berlandaskan pada pengabdian dan bukan karena honor atau gaji semata.

Usaha keras menjadi ASN dalam melaksanakan tugasnya dipandang sebagai bentuk amanah,  bukan sebagai beban. Dengan dasar inilah menurutnya, kerja menjadi ringan. Sedangkan target yang menjadi pencapaian dengan sendirinya menjadi pola utuk pemenuhan hasil.

Hal ini sebagaimana dikatakan Muhadin bahwa, tim kerja sebagai pegawai yang solid dan penerapan lima budaya kerja menjadi pemacu etos kerja setiap ASN yang ikut menentukan arah kemajuan madrasah pada khususnya dan Kementerian Agama pada umumnya. Tak lupa dia juga mengucapan terima kasih kepada KPPN Cilacap atas kepercayaannya kepada MAN 3 Cilacap. (Har/bd)