MAN Bagikan Lebih dari 250 Paket Sembako

Purbalingga – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1440 hijriyah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  Purbalingga mengadakan beberapa kegiatan di bulan Muharam. Kegiatan ini dilakukan mengingat banyaknya keistimewaan di bulan Muharam menurut ajaran Islam. Hal tersebut disampaikan Kepala MAN Purbalingga, Mohamad Alwi kepada Humas Kankemenag Purbalingga, Sabtu (22/09).

Menurutnya salah satu dari kegiatan tersebut berupa kegiatan khotmil Qurán. Bentuk kegiatannya berupa penugasan kepada setiap siswa untuk membaca Al-Qurán sebanyak 1 juz.

“Satu kelas harus mengkhatamkan Al-Qurán satu kali, sehingga dengan jumlah 33 kelas  dalam sehari seluruh siswa dapat menghatamkan Al-Qurán sebanyak 33 kali. Selain siswa, guru dan karyawan yang berjumlah 94 orang juga diberi tugas yang sama dan dapat mengkhatamkan Al-Qurán sebanyak 3 kali,” jelas Alwi.

Alwi menambahkan, Muharam Berbagi juga menjadi salah satu kegiatan utama. Kegiatan pembagian santunan berupa sembako dilaksanakan pada hari Jumat (21/09). Sasaran kegiatan pembagian santunan adalah anak yatim/piatu sebanyak 66 Siswa sebagai prioritas utama. Selain siswa MAN sedekah sembako juga diberikan kepada mereka yang kurang mampu seperti tukang becak dan tukang bersih-bersih yang sedang melaksanakan aktifitasnya di sepanjang jalan Kabupaten Purbalingga.

Pembina Rokhis, Irfan Sidqon menjelaskan, proses penyaluran santunan kepada yang membutuhkan atau kurang mampu dibantu oleh para siswa.

“Guru dan siswa membagikan sebanyak lebih dari 250 paket sembako kepada mereka yang membutuhkan. Selain membantu secara ekonomi pemberian santunan ini juga dapat mempererat silaturahmi sesama umat manusia serta meningkatkan karakter sosial dan religius sivitas akademika MAN Purbalingga,” jelas Irfan.

“Silaturahmi akan menambah umur, dan melakukan kebaikan akan menjaga diri dari berbagai kejelekan yang menimpa. Semoga apa yang dilaksanakan akan menjadi kebaikan dan dicatat sebagai amal ibadah,” tambahnya. (sar/gt)