MAN Batang Gelar Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

* Waka Bidang Kesiswaan Dwi Haryono sedang menyematkan perwakilan peserta LDK setelah membuka kegiatan tersebut

Batang – Pengurus OSIS adalah ujung tombak kegiatan siswa di sekolah. Oleh karena itu,dibutuhkan siswa-siswi cerdas yang mumpuni dan berdedikasi tinggi untuk menjadi seorang pengurus OSIS. Untuk mewujudkan cita – cita tersebut, Pembina OSIS MAN Batang mengaplikasikannya dalam bentuk kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ). Latihan Dasar Kepemimpinan kali ini mengambil tema Harmonisasikan Organisasi, Lahirkan Generasi Berdedikasi

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu (11–12/09) Dengan memanfaatkan sejumlah ruang dan lapangan sebagai lokasi, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh. pengurus OSIS masa bakti 2020/2021 yang berjumlah 14 anak sebagai panitia dan calon pengurus masa bakti 2021/2022 yang berjumlah  28 anak sebagai peserta.

Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi dalam sambutan pembukaan yang diwakili oleh waka bidang kesiswaan Dwi Haryono mengatakan bahwa panitia dan peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi.

“Jadikan LDK ini sebagai Kawah Candradimuka bagi para calon pengurus OSIS yang amanah dan harus selalu melaksanakan dan menjunjung tinggi Visi dan Misi  MAN Batang,” kata Dwi Haryono.

Dia juga mengingatan karena saat ini masih dalam kondisi pandemic yang belum usai, maka semua panitia dan peserta untuk tetap menjaga protocol kesehatan secara ketat agar terhindar dari bahaya covid-19.

“ Saya mengingatkan karena sampai saat ini kita masih berada di masa pandemic yang belum hilang semua panitia dan peserta untuk benar-benar menjaga protocol kesehatan secara ketat agar kita terhindar dari bahaya covid-19,” tegasnya.

* Suasana pembukaan Kegaiatan LDK di MAN Batang secara resmi dibuka oleh Waka Bidang Kesiswaan

Sementara itu, Akhmad Muzakki, selaku Pembina OSIS mengungkapkan rasa salutnya kepada para panitia yang telah bekerja maksimal.

“Salut buat kalian para panitia yang telah mempersiapkan acara dengan maksimal, juga meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran demi kegiatan LDK ini sehingga bisa berjalan dengan lancar, kepada seluruh peserta, kami juga mengucapkan terima kasih, atas partisipasi aktif, kerjasama, antusias, dan semangat kalian. Ingat hidup adalah menggantikan dan digantikan. Inilah saatnya kalian membuktikan kepada kakak-kakak kalian, bahwa kalian mampu menjadi lebih baik lagi dalam memberikan bakti kepada MAN Batang secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab yang didasari kebersamaan dan keikhlasan dalam melaksanakan program-program kerja yang telah direncanakan. Di LDK inilah kita ditempa dan di godog untuk menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Ketua Panitia Naura Faradella dalam keteranganya menjelaskan bahwa maksud kegiatan ini adalah agar calon pengurus OSIS melaksanakan dan mengikuti tahapan yang  mempertemukan antara nggota pengurus OSIS untuk saling bertukar pengalaman, pengetahuan, dan mempererat tali persaudaraan. Sedangkan tujuannya adalah melatih dan mendidik calon pengurus OSIS MAN Batang guna mewujudkan kepengurusan yang solid dan matang dalam berorganisasi sehingga lahir pemimpin dan generasi yang sejati dan berdedikasi. Membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Calon Pengurus serta mewujudkan watak dan kepribadian yang baik dan mengarah kepada kemampuan untuk mandiri, serta melantik secara resmi Pengurus OSIS MA Negeri Batang yang baru.

“ Kami juga mendatangkan narasumber dari luar untuk menyampaikan materi, baik Koramil, Ketua BEM UNISS, Sekretaris umum Santri Batang, dan Penyiar Radio Abirawa Batang. Masing – masing menyampaikan materi yang sesuai dengan bidangnya,” katanya.

Dia berharap LDK seperti ini akan menjadi tradisi yang harus diikuti oleh calon pengurus OSIS untuk membekali pengetahuan dan pengalaman agar mereka dapat berkiprah sebagai pengurus baru.

” Kegiatan ini merupakan suatu tradisi yang harus diikuti oleh calon penguirus OSIS untuk membekali calon pengurus OSIS agar lebih siap dan baik dalam menjalankan roda organisasi OSIS, serta mewujudkan karakter yang baik dan mengarah kepada kemampuan untuk mandiri”, ujarnya

Di tempat terpisah, Vera Prawira, yang terpilih menjadi peserta LDK terbaik putri  mengucapkan terima kasihnya kepada panitia.

“Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada kakak-kakak panitia yang telah membimbing, mengarahkan, dan membuat kami lebih baik dan lebih solid, Kami juga mohon maaf, atas sikap kami yang mungkin cenderung kekanak-kanakan sehingga sering membuat kakak-kakak marah,” pungkasnya. ( Zakki/Zy )