MAN Cilacap Gelar Donor Darah

Cilacap-Sejumlah guru dan siswa Man Cilacap, Sabtu (4/11) melakukan gerakan donor darah yang bertempat di ruang multimedia. Kegiatan ini diprakarsai oleh PMR Wira MAN Cilacap di bawah pembinaaan Eny Nurhidayah, bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cilacap.

Donor darah merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakukan setiap tahunnya. Pendonor yang diperbolehkan harus memenuhi persyaratan seperti, yakni telah berusia 17 tahun, berat dan tinggi seimbang, tensi darah normal,  tidak sedang sakit dan sedang tidak meminum obat tertentu. Dari persyaratan di atas terdaftar sebanyak 99 , namun dari jumlah yang tercatat yang memenuhi syarat donor hanya sejumlah 43.

“Dari 43 pendonor, 26 laki-laki dan 17 perempuan. Untuk siswa sebanyak 37, guru dan karyawan enam orang. Dari semuanya yang bergolongan darah A sembilan, B 16, AB empat dan O 14 orang”, katanya.

Sedangkan tujuan dari donor darah ini adalah untuk menumbuhkan jiwa empati dan rasa kemanusiaan khususnya siswa MAN Cilacap.

“Bagi saya ini pengalaman pertama kali donor darah, berharap sekali bisa donor, alhamdulillah bisa dan setelah ini saya ingin mencoba lagi. Motivasi saya sendiri pingin nolong orang yang membutuhkan”, Kata Istiqomah Azizah siswa kelas XII IPS2 sebagai peserta pemula.

“Terus terang sebelum donor saya takut, setelah mencoba semua biasa saja. Motivasi saya sendiri untuk bisa membantu sesama, sebagai insan saling membutuhkan seperti take and give”, komentar senada dari Burhannudin Kusuma, siswa kelas XII IPA1.

“Ini donor saya mungkin sudah 25 kali lebih, donor darah membuat saya lebih segar. Saya merasa sirkulasi darah saya lebih lancar karena pergantian sel-sel baru”, komentar Minhad salah satu guru MAN Cilacap.

Acara yang digawangi oleh 18 anggota PMR Wira MAN Cilacap ini terbilang sukses mendapat respon positif dari  lapisan elemen di MAN Cilacap. Dari pihak PMI Cilacap sendiri yang mengirimkan personilnya sejumlah lima orang juga merasa puas atas kerjasama  yang sudah terjalin lama dengan MAN Cilacap.(Agus Sukowo/bd)