MAN Cilacap Peringati Sumpah Pemuda Melalui Lomba Bahasa

Cilacap – Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda yang ke- 89 dan  bulan bahasa, siswa MAN Cilacap khususnya jurusan Bahasa  kelas XII mengadakan berbagai perlombaan kreatif yang dilaksanakan pada hari Sabtu(28/10). Acara sebelumnya diawali dengan upacara bendera yang berlangsung hidmat dilanjutkan pembukaaan perlombaan yang dibuka oleh kepala madrasah yang diwakili oleh Sutiasno selaku Waka Kesiswaan.

Ada enam lomba yang dipertandingkan di ajang ini antara lain; Lomba Pidato Bahasa Inggris( English Speech Contest), Pidato Bahasa Arab (Arabic Speech Contest), Puisi Berantai, Stand Up Comedy, Drama dan English Song.

“Peserta lomba adalah seluruh jurusan di MAN Cilacap, kecuali kelas XII Bahasa selaku panitia. Adapun tema kegiatan adalah “ Menciptakan Generasi Islam yang Kratif, Kompeten dan Berkarakter Asma’ul Husna”, demikian keterangan Juliana Megia Wati yang bertindak sebagai ketua panitia.

“ Tujuan kegiatan ini ingin menumbuhkan nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air, bangsa dan bahasa dalam diri siswa MAN Cilacap”, kata Siti Maryati selaku penanggung jawab kegiatan.

“ Selain itu harapnnya dapat menciptakan generasi Islam yang kratif, kompeten, kompetitif dan berkarakter asmaul husna. Sebagai generasi yang mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk bangsa dan agama”, imbuhnya lagi.

Ditunjuk sebagai yuri lomba mereka para guru MAN Cilacap sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk pidato bahasa Inggris, Isro Idiana selaku guru Bahasa Inggris; Pidato bahasa Arab, Ahmad Sobari,; juri Baca Puisi, Siti Nurhidayah; Stand Up Comedy, Adi Rismawan; Drama oleh Suprihatin dan English Song sebagai juri Sujarwo. Masing-masing juri dibantu dua siswa kelas XII Bahasa.

Tempat pelaksanaan lomba yang cukup banyak dibagi beberapa tempat di ruang kelas kecuali lomba solo song dilaksanakan dipanggung pembukaan, lapangan futsal dan basket.

Hasil perlombaan diperoleh sebagai berikut: Lomba Pidato bahasa Inggris, 1).Afina Muftiyani(XI-IPA2) sebagai juara I dengan nilai 796; 2). Wahidatul Husna (XII-IPS2) juara II nilai 782 dan Nayla Farikha (X-Bahasa1) sebagai juara III dengan nilai 771. Lomba Pidato bahasa Arab, Subchi Musyafa(XII-IPA1) sebagai juara I dengan nilai 853; Afrianto Pratama(XI-Bahasa 1), juara II dengan mengumpulkan nilai 845 dan Nur Halimah(XII-Keagamaan) peringkat III dengan nilai 815. Lomba Puisi Berantai dimenangkan kelas XII-IPA3 sebagai juara I dengan nilai 1.040; kelas XII-IPA2 juara II dengan nilai 1.015 sedangkan kelas XII-Keagamaan dengan nilai 995 sebagai juara III. Stand Up Comedy Banyumasan dimenangkan Anang Ma’ruf (XII-IPS3) dengan nilai 746 sebagai juara I; Umi Anifatul(XI-Keagamaan) nilai 738 sebagai juara II; untuk Arif Hidayah(XI-IPA1) dengan nilai 720 menduduki urutan III. English Song sebagai juara I dimenangkan oleh Rahma Widiati (XI-IPA4) dengan nilai 1.547; juara II Anisya Derti Mawan (XI-IPA2) dengan nilai 1.534; juara III diraih Devi S(XII-IPS1)dengan nilai 1.499. Drama sebagai juara I kelas X-Bahasa 1 dengan nilai 289; Juara II kelas XII-IPA1 dengan perolehan nilai 281; sebagai juara III kelas XI-IPA 4 total nilai perolehannya 272. Masing.masing juara berhak mendapatkan piala dan piagam penghargaan. (Agus Sukowo)