MAN Cilacap Siap Menghadapi UNBK

CILACAP- Ujian Nasional tingkat SMA/MA akan segera dilaksanakan mulai 10 – 13 April 2017. Himbauan Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendi menekankan ujian tahun ini 80%  sudah berbasis komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk menindak lanjutinya, MAN Cilacap dan Komite Madrasah bergerak cepat untuk berbenah dan menyiapkan diri. Secara bertahap melengkapi segala fasilitas untuk mendukung terselenggaranya UNBK mulai 9 – 11 Januari 2017. Pengadaan ini berpedoman  pada rumus sepertiga jumlah siswa dengan ditambah cadangan 10%.

Mengacu pada jumlah peserta ujian sebanyak 238 peserta didik, terdiri dari 94 peserta didik Program IPA, 88 Program IPS, 26 Program Bahasa dan 30 Program Keagamaan. Maka disiapkan tiga ruangan ujian yang terdiri 40 unit komputer 3 in 1 di ruang satu, 40 laptop di ruang dua, 20  unit di ruang tiga . Setiap ruang juga disiapkan Proktor, yaitu orang yang bertanggung jawab secara teknis dalam pelaksanaan ujian yang berhubungan dengan ujian berbasis komputer ini.

Fasilitas Pendukung

Kepala MAN Cilacap melalui Waka Kurikulum, Agik Tusanawatimengatakan, bahwa ujian tahun ini selain diikuti MAN Cilacap juga ada peserta dari madrasah swasta dan MTs Negeri Planjan. Dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya yang berlangsung selama empat hari. Dari MA Al Mukhtar sebanyak 43  peserta dan MTS Negeri Planjan sejumlah 261 . Sebagai peserta mereka juga ikut membantu pengadaan laptop masing-masing sepuluh unit.

“Guna mendukung ujian berjalan sukses pihak madrasah melengkapi dengan tiga server utama dan tiga server sebagai cadangan untuk menyimpan data hasil ujian. Selain itu, UPS  sebanyak tiga unit dan teknisi komputer juga sudah disiapkan”, timpalnya. Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa untuk sukses UNBK disiapkan jaringan internet Speedy tiga MBps, Indocom dua MBps. Bila jaringan internet bermasalah juga sudah disiapkan tiga modem. Pihaknya menyewa genset sebesar 25.KWh untuk mengantisipasi listrik padam.

“Jadi secara teknis MAN Cilacap tahun 2017 sangat siap untuk melaksanakan UNBK yang diselenggarakan oleh Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Jawa Tengah. Minta doanya untuk sukses secara prestasi, penyelenggaraan termasuk di dalamnya teknis sehingga semua lancar sampai akhir kegiatan!”, pungkasnya. (AS/On/bd)