MAN Lasem Terbaik II UAMBN Se – Jateng

Rembang –  UAMBN yang berlangsung Maret lalu menuai hasil yang memuaskan bagi MAN Lasem. Hal ini lantaran 333 peserta didik kelas XII yang mengikuti ujian akhir ini memberikan kontribusi kepada madrasah menjadi juara terbaik II se-Jawa Tengah.

Kepala MAN Lasem, Shofi menjelaskan, dari UAMBN tersebut, ada empat siswa yang memperoleh nilai sempurna, yaitu 100 pada pelajaran Al-qur’an Hadits dan Aqidah Akhlak. Tiga siswa peraih nilai 100 di mapel Al-qur’an hadits adalah Nur Rhomah Istianah, Wafirotul Fitriyah, dan Yakhirotul Afifah. Sedangkan peraih nilai 100 untuk mapel Akidah Akhlak yaitu Mohamad Isfi Isbar.

Shofi mengatakan, prestasi tersebut menunjukkan bahwa MAN Lasem mampu menunjukkan prestasinya di tingkat Jawa Tengah. Selama tiga tahun terakhir, MAN Lasem memang menggembleng siswanya untuk terus berprestasi melalui pendalaman materi pelajaran dan dukungan program-program khusus, seperti sholat dhuha, bacaan asmaul husna, dan khulashoh alfiyah, kata Shofi ketika memberikan sambutan pada acara Penglepasan  peserta didik kelas XII MAN Lasem, Kamis (27/4).

Shofi juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra-putriya untuk belajar di MAN Lasem.  Selain itu juga kepada puluhan pengasuh pesantren. Untuk diketahui, sebagian peserta didik MAN Lasem berasal dari luar kota dan nyantri di ponpes.

“Doa restu dari kedua orang tua dan pengasuh pesantren menjadi faktor keberhasilan peserta didik dalam meraih prestasi tersebut,” kata Shofi.

Pada kesempatan tersebut, juga diumumkan juara paralel masing-masing jurusan. Juara ini berdasarkan hasil UM, UAMBN, dan USBN. Dari program IPA, juara paralel diraih oleh Wafirotul Fitriyah. Sementara dari jurusan IPS yaitu Uswatun Khasanah, dan program Keagamaan yaitu Nadia Nur Azizah. (ss/bd)