MAN Temanggung Gelar Training End User Sakti Pengelola Keuangan

Temanggung – Dalam Rangka menyukseskan Roll-Out Aplikasi Sakti Tahun 2021, MAN Temanggung menyelenggarakan Training End User Sakti Pengelola Keuangan, Sabtu (06/11). Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola keuangan pada MAN Temanggung, MAN Kota Magelang, MTsN 1 dan MTsN 2 Temanggung dengan mendatangkan narasumber dari KPPN Magelang, Sulastri.

Dalam sambutan pembukaannya Plt. Ka MAN Temanggung, Anita Rini Madyo menyampaikan bahwa kegiatan Training End User Sakti adalah training yang diberikan oleh KPPN kepada seluruh satuan kerja mitra kerjanya termasuk MAN Temanggung. Perkembangan implementasi Sakti pada satker-satker dilingkup pembayaran KPPN Magelang saat ini dalam tahap pelatihan, Insya Allah sampai akhir tahun 2021 implementasi Sakti ini harus benar-benar diterapkan di satker-satker untuk kepentingan revisi anggaran, kekurangan SPM gaji dan masih banyak menu-menu aplikasi Sakti yang harus dipelajari,

Beliau menambahkan bahwa peran aktif pimpinan dan keterlibatan pejabat pembuat komitmen , pengguna OTP modul transaksi, modul pembayaran dalam pelaksanaan sosialisasi EUT Sakti sangat di perlukan, agar roll out Sakti bisa diimplementasikan secara penuh sesuai target yang diharapakan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini kita tentunya berharap kemampuan pengelola keuangan madrasah kita semakin meningkat. Terutama dalam menggunakan aplikasi Sakti, mengingat sistem ini diterapkan oleh Kementerian Keuangan bagi setiap satker untuk semua aktifitas keuangan termasuk pembayaran gaji,” harapnya.

Sementara selaku narasumber, Sulastri dari KPPN Magelang menjelaskan tentang Sakti (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi). Sakti adalah aplikasi yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan sistem perbendaharaan dan penganggaran negara pada instansi pemerintah meliputi antara lain modul penganggaran, modul komitmen, modul pembayaran, modul bendahara, modul persediaan, modul aset tetap, modul piutang serta modul akuntansi dan pelaporan. Sakti berbasis Web, yang mengintegrasikan dari berbagai aplikasi digunakan satker saat ini yang masih bersifat stand alone.

Lebih lanjut dijelaskan Sakti mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.  Aplikasi Sakti digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara / Lembaga. Seluruh transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik. Sakti terdiri atas beberapa modul yaitu : proses penganggaran diperankan oleh modul penganggaran. Proses pelaksanaan diperankan oleh beberapa modul, yaitu modul komitmen (meliputi sub-modul Manajemen Supplier dan sub-modul Manajemen Komitmen), modul bendahara, modul aset tetap, modul persediaan, dan modul pembayaran serta proses pelaporan diperankan oleh modul GL dan pelaporan Diharapkan dengan kegiatan training  ini dapat memberikan bekal bagi satuan kerja mitra KPPN Magelang dalam mempersiapkan pengguna dalam pelaksanaan implementasi Sakti full modul yang direncakanan akan dimula pada tahun anggaran 2022.(sr/rf)