Manasik Haji Latih Kemandirian Diri

Ungaran – Bertepatan tanggal 27 Muharram 1439 H sebanyak 361 siswa Raudhatul Athfal (RA) se-Kecamatan Sumowono mengikuti kegiatan latihan manasik haji di Lapangan Mendongan Sumowono, Rabu (18/10).

Program tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Sumowono ini tak lain untuk memupuk dan menumbuh kembangkan rasa cinta dan ketaatan kepada Allah SWT serta mempererat  tali silaturrahim antar wali murid.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang Muhdi berharap agar kegiatan serupa terus dilaksanakan dan ditingkatkan guna membekali peserta didik dengan akhlak dan budi pekerti yang baik.

“Sedini mungkin anak-anak kita kenalkan dengan hal-hal yang islami, insya Allah besar nanti mereka akan semakin cinta dan bangga sebagai seorang muslim,” ungkap Muhdi.

Selanjutnya untuk kegiatan manasik itu sendiri, Muhdi memaknai hal tersebut sebagai ajang melatih kemandirian para peserta didik. Dengan berpakaian ikhram, melaksanakan praktik rukun dan wajib haji sesuai arahan pembimbing, harapannya mereka semakin berani dan percaya diri.

“Semoga dengan kegiatan semacam ini, anak-anak semakin mandiri dan berani tampil di depan tanpa didampingi orang tuanya. Dan yang terpenting, kecintaan anak kepada Allah dan Rasululloh tertanam kuat di dalam hati,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhdi didampingi Muspika Kecamatan Sumowono dan Kades Mendongan menyerahkan santunan untuk anak yatim yang turut serta dalam kegiatan.

Sementara itu ditemui di tempat berbeda, ketua panitia penyelenggara Mahmudah menginformasikan bahwa dari 361 siswa yang mengikuti kegiatan manasik, ada lima siswa yatim yang menerima santunan.

“Memang hanya lima siswa yang kami usulkan untuk menerima santuan, tapi kami berharap hal tersebut tidak menimbulkan kecemburuan sosial bagi siswa yang lain,” jelasnya.

Tak lupa Mahmudah juga berterimakasih kepada segenap pihak yang turut membantu suksesnya kegiatan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. “Kekurangan pasti ada karena hal itu manusiawi. Jauh dari itu, harapan kami semoga kegiatan ini membawa manfaat dan barokah bagi semua,” pungkasnya. (shl/gt)