Manasik, Upaya MIN Motivasi Siswa Berhaji

Karanganyar – Seratusan siswa MIN Kragan Gondangrejo, Karanganyar yang terdiri dari seluruh siswa kelas IV dan kelas V MIN Kragan mengikuti kegiatan manasik haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali guna memberikan pemahaman kepada para siswa terkait pelaksanaan ibadah haji dan umroh, Sabtu (06/05).

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kragan (MIN Kragan), Drs. H. Edy Purwanto, M.Pd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih siswa-siswi dalam menjalankan, memahami, dan menerapkan rukun Islam yang kelima, yaitu, menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

“Kegiatan manasik ini bertujuan agar siswa-siswi MIN dapat memahami rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Dengan praktik semacam ini akan memberi kesan tersediri bagi siswa di masa mendatang”, kata Edy.

Selain itu, Edy mengatakan bahwa kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu upaya memotivasi anak agar lebih tekun dalam belajar dan beribadah. Harapannya ketika mereka dewasa, mereka termotivasi untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Kegiatan manasik haji ini, dimulai dengan kedatangan siswa-siswi di lokasi (Asrama Haji Donohudan, Boyolali-red). Mereka selanjutnya berkumpul di Arofah untuk melaksanakan wukuf, kemudian bermalam di Muzdalifah untuk mengumpulkan kerikil, menginap di Mina dan melempat Jumroh ( Ula, Wusta, Aqobah), tawaf ifadah, hingga melakukan sa’i yaitu berlari-lari kecil dari bukit Sofa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali, dan dilanjutkan Tahallul (memotong rambut). Dari setiap kegiatan, siswa-siswi juga diberikan tata cara beribadah dan berdo’a yang harus dilakukan.

Salah satu siswa kelas V, Zahrotu Zahwa, mengaku senang bisa melaksanakan dan mempraktekkan kegiatan manasik haji ini, meskipun lelah harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan rukun haji dan cuaca panas ditambah harus berdesakan dengan siswa lain, dia tetap bersemangat.

“ini manasik haji, saya senang bisa mempraktekkannya.” tuturnya. (klil-hd/wul)