“Manera Laras” Sambut Peringatan Hari Kartini

Rembang—Menjelang peringatan Hari Kartini 21 April, Pemerintah Kabupaten Rembang mengadakan sejumlah kegiatan. Sejumlah instansi digandeng untuk memeriahkan even ini, termasuk Kantor Kementerian Agama dan sejumlah madrasah.

Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim mengatakan, Kankemenag Kabupaten Rembang berkomitmen turut menyemarakkan peringatan Hari Kartini. “Kami telah menugaskan staf untuk andil dalam kepanitiaan  Hari Kartini,” kata Jasim agi tadi.

Sementara MAN Rembang tak ketinggalan akan mempersembahkan karya untuk peringatan Hari wanita pejuang emansipasi ini. Kepala MAN Rembang, M. Yunus Anis mengatakan, MAN Rembang aka turut berpartisipasi dalam Lomba Karawitan se-Kabupaten Rembang yang akan digelar pada 12 April 2017, bertempat di Pendopo Museum Kartini.

“Lomba ini diikuti oleh sekolah dan peserta umum. Kami mempunyai ide untuk ikut, karena kami mempunyai tim karawitan. Kesiapan MAN Rembang memang tidak dipertanyakan, karena MAN Rembang sudah memiliki sarana karawitan,” kata Anis.

Anis berharap tim karawitan yang bernama “Manera Laras” bisa mempersiapkan dengan baik dengan memperbanyak latihan. “Dengan mengikuti Lomba Karawitan yang diadakan Dinas Pariwisata berarti MAN Rembang menunjukkan eksistensi pada dunia “, tandasnya.

Sementara itu Bambang Gunawan selaku koordinator  tim karawitan “Manera Laras” menjelaskan, tim karawitan ini beranggotakan 16 personil yang terdiri atas 12 personil pengrawit, serta 4 personil wiraswara.

Bambang mengatakan, tim telah melakukan latihan selama 2 bulan. “Selain untuk mengikuti lomba, latihan karawitan ini tidak lain untuk nguri-nguri budaya jawa, sarana hiburan serta sebagai ajang kreativitas guru MAN Rembang”, tandas Sadik.

Siti Khotimah salah satu anggota tim “Manera Laras” berharap semoga tim tidak hanya tampil dalam perlombaan saja melainkan bisa tampil pada berbagai acara yang diadakan oleh berbagi instansi. (Tejo/ss)