Manfaatkan Barang Bekas Jadi Barang Berharga, DWP Kemenag Banjarnegara Adakan Pelatihan

Banjarnegara – Sebagai bentuk inisiasi dari pertemuan rutin tiap dua bulan sekali karena PPKM darurat yang masih diperpanjang dan dengan tujuan agar pertemuan rutin tetap berjalan, DWP Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara mengadakan pelatihan secara virtual melalui zoom meeting dan live Youtube dengan tema “Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Berharga” hari Rabu (25/8/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ibu Hj.Linda Damayanti Musta’in Ahmad, sekaligus memberikan sambutan. Dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu : Ibu Ketua DWP Kemenag Kab.Banjarnegara Ibu Khuriyah Suryo Suripto, dan Ibu Desy Moeliyani, Pegiat pemanfaatan limbah Kab.Purbalingga. Diikuti pula oleh beberapa ibu Ketua DWP Kabupaten/Kota di Jawa Tengah diantaranya ibu Ketua DWP Kab. Semarang, Surakarta, Purbalingga, Magelang, Wonosobo dan lainnya. Hadir sebagai undangan ibu-ibu pengurus dan anggota DWP/Perwanida Kabupaten Banjarnegara berjumlah sekitar 100 orang.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Ibu Khuriyah Suryo Suripto menyampaikan terima kasih kepada ibu Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ibu Hj.Linda Damayanti Musta’in yang telah meluangkan waktu bertatap muka secara virtual dan memberikan sambutan.

“Pelatihan ini diadakan dalam rangka merefresh kemampuan ibu-ibu dalam mengolah barang-barang bekas di sekitar rumah dan mengajak anggota Dharma Wanita untuk dapat memanfaatkan barang bekas di rumah secara maksimal,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Hj.Linda Damayanti Musta’in menyampaikan bahwa tema pelatihan ini sangat menarik.

“Saya berharap kepada peserta setelah  mengikuti kegiatan ini untuk ditularkan kepada kerabat dan orang-orang sekitar, agar mereka juga mengerti bahwa ternyata barang bekas dapat diolah menjadi barang berharga. Selalu menebar kebaikan di manapun berada, jadilah ibu yang selalu bermanfaat untuk keluarga dan orang-orang di sekeliling kita,” imbuhnya

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua dan pengurus DWP Kemenag Kab.Banjarnegara yang telah menyelenggarakan pelatihan meskipun masih dalam masa pandemi.

“Pandemi bukanlah halangan untuk tetap berkarya. Saya terus mendorong kegiatan dan program-program kerja DWP Kankemenag Kabupaten Banjarnegara di bawah pimpinan Ibu Khuriyah Suryo Suripto semoga Banjarnegara akan terus maju  dan bermanfaat untuk umat,” tambahnya.

Ibu Khuriyah Suryo Suripto selaku narasumber dalam dalam kesempatan kali ini menyampaikan bahwa pemanfaatan barang bekas akan mengurangi pencemaran sampah.

“Bagaimanapun limbah rumah tangga yang paling banyak dari sampah, dengan memanfaatkan kembali barang bekas kita bisa mengurangi pencemaran sampah, menghemat energi, menjaga sumber daya alam, bisa mencegah timbulnya penyakit dan pencemaran akan lebih terkurangi,” terangnya.

Dengan kreatifitas mengubah barang bekas menjadi barang yang lebih berguna juga bisa menambah income pemasukan uang di dalam rumah tangga, dengan produk yang bagus bisa juga dijual belikan

Diakhir kegiatan, para peserta diwajibkan mengirim hasil karyanya, dengan mengirimkan foto dan akan diambil tiga terbaik sebagai juara yang akan dinilai langsung oleh narasumber ibu Desy Moeliyani dengan kategori penilaian meliputi : Kerapihan, estetika, dan ketepatan waktu.

Adapun juaranya yaitu : Juara 1 diraih oleh DWP MAN 2 Banjarnegara dengan total nilai 235, Juara Ke 2 DWP MTS N 1 Banjaregara dengan total nilai 223, kemudian Juara 3 diraih oleh DWP RA Perwanida 2 Gemuruh dengan total nilai 215.

Sebagai penutup beliau menyampaikan kepada seluruh peserta webinar semoga pelatihan ini menjadi motivasi dan penyemangat sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat dan kemampuan ibu-ibu dalam menggali kreatifitas menjadi lebih baik dan bisa menularan ilmu yang diperoleh. (rv/hmsdwp/rf)