Tegal (Slawi), Terdapat beberapa poin penting pembahasan pada pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama & Bahasa Arab yang dilaksanakan Rabu (22/09) siang.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Noova Anshori selaku ketua menyampaikan bahwa dalam upaya mendampingi peserta didik pada kegiatan tadarus pagi, mengharap kepada Bapak/Ibu guru agar datang lebih awal ke madrasah.

 

“Poin pertama, terkait pelaksanaan Simulasi PTM terbatas ini, sebagai guru agama harus menjadi pioner dan suri tauladan bagi teman guru lainnya. Salah satunya yang memiliki jam pertama untuk datang 15 menit lebih awal sebelum pembelajaran agar dapat menemani peserta didik tadarus pagi di ruang kelasnya masing-masing.” Imbaunya.

 

Pada pembahasan poin kedua, beliau membidik program supervisi guru yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Ia berpesan kepada pada hadirin untuk mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Sebagaimana yang kita pahami bersama, salah satu tugas kepala madrasah adalah melaksanakan supervisi akademik yang berguna membantu guru dalam mengembangkan kemampuan pengelolaan pembelajaran.” Ungkapnya.

Poin selanjutnya yang tak kalah penting adalah keikutsertaan MTs Negeri 2 Tegal dalam ajang Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI). “Kami masih menunggu informasi dari Seksi Penmad Kemenag Kab. Tegal untk pelaksanaan olimpiade tersebut. Jika sudah ada informasi yang pasti, maka guru agama langsung membentuk tim pembimbing olimpiade yang akan di ikuti oleh peserta didik MTs Negeri 2 Tegal.” Tambahnya.

Selanjutnya poin terkait koordinasi program keagamaan, pihaknya mendapat usulan untuk program tadarus pagi yang bertugas adalah peserta didik terpilih, dan guru yang tercantum dalam tugas tadarus pagi sifatnya hanya mendampingi saja.

“Namun demikian, jika peserta didik tersebut berhalangan maka guru pendampingnya lah yang menggantikan untuk membaca tadarus pagi hari.” Jelasnya.

Berkenaan dengan program kerja, akan ada pelatihan lanjutan berkaitan dengan penggunaan E-learning madrasah, Raport Digital Madrasah (RDM), penggunaan platform google site, dan pendampingan terhadap guru rumpun agama dan Bahasa arab yang membutuhkan bantuan dalam pengisian laman simpeg5 dan Mysapk BKN RI.

Untuk diketahui, MGMP Rumpun Agama & Bahasa Arab ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh Wakil Kepala Akademik, Sustanto. (akb)

 

Tampil Sebanyak : 43