MAPSI Merupakan Ajang Pemahaman Terhadap Nilai-Nilai Pembelajaran

Temanggung-  Selasa (22/8) bertempat di SMP N 6 Temanggung diselenggarakan  Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) SMP negeri dan swasta tingkat Kabupaten Temanggung.

Kepala Pendidikan, Darmadi, S.Pd membuka acara sekaligus memberi motivasi kepada pembimbing kontingen. Pesannya kepada pembimbing supaya memunculkan kader-kader baru yang selalu berkelanjutan ditiap tahunnya bagi sekolah masing-masing. Lebih kusus  “kepada Juri untuk memilih kontingen yang paling bagus, baik dari sisi seni musiknya, seni suaranya, etika busananya, etika geraknnya yang kompak dan santun untuk dijadikan juara dari yang baik dipilih yang terbaik untuk menjadi pemenang di tingkat provinsi nantinya”.

Lomba semacam ini merupakan kegiatan tahunan dan berjenjang, artinya lomba ini bukan hanya dilaksanakan di tingkat Kabupaten akan tetapi akan naik ke jenjang Provinsi bahkan ke tingkat Nasional, katanya.

Darmadi mengatakan, bahwa pihaknya berharap pada kemampuan peserta lomba kali ini, sehingga diharapkan mereka dapat menjadi wakil Kabupaten Temanggung diajang yang sama pada jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan seperti ini juga merupakan ajang pembuktian guru yaitu sebagai ajang keseriusan ,kemampuan guru di sekolah dan juga merupakan ajang pemahaman terhadap nilai-nilai pembelajaran yang guru lakukan, pungkasnya.

Ketua Panitia Lomba Mapsi Tingkat SMP se Kabupaten Temanggung, mengatakan jenis perlombaannya terdiri atas 12 cabang diantaranya  : lomba cerdas cermat (LCC),  Kaligrafi Putra,  Kaligrafi Putri,  Pidato Putra,  Pidato Putri,  Tahfidz Putra,  Tahfidz Putri,  Tartil Putra,  Tartil Putri, Tilawah Putra,  Tilawah Putri,  Rebana  yang berasal dari  sekolah di wilayah Kabupaten Temanggung.

Adapun untuk juri lomba Mapsi adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya yang berprofesi sebagai pegawai negeri di Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.(sr/Af)