Masih Banyak PR Di Tahun 2019

Rembang – ASN didorong untuk bekerja lebih profesional. Hal ini karena, ketersediaan SDM yang kian terbatas, sementara tuntutan masyarakat semakin banyak. Hal ini mengemuka dalam Rapat Kerja Tahun Anggaran 2019 di lingkungan Kankemenag Kabupaten Rembang yang diadakan pada Selasa (15/1/2019) di Rumah Makan Citra Resto, Rembang.

Profesionalitas tersebut antara lain peningkatan mutu SDM di era teknologi. Dengan penguasaan teknologi yang mumpuni, efektifitas dan efesiensi di dalam bekerja akan terpenuhi. “Sekarang ini semuanya serba on-line. Kinerja juga akan kita laporkan secara online. Sehingga kami imbau semua pegawai meningkatkan kemampuannya di bidang IT,” kata Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah.

Selain di bidang IT, profesionalitas juga diterapkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Menurut Kasi Bimas Islam, Moh. Muhson, pelayanan kepada publik harus dilakukan setulus hati. “Jangan sampai kita kalah dengan pelayanan di minimarket modern. Sementara gaji kita nyatanya lebih besar,” ujar dia.

Untuk meningkatkan profesionalitas inilah, para peserta mengusulkan perlu diadakannya pelatihan peningkatan mutu SDM.

Dalam raker ini, juga direkomendasikan pemerataan pegawai, utamanya di KUA. “Kami memahami bahwa beberapa KUA sangat minim staf. Oleh karena itu, tahun ini kami mohon diadakan penambahan staf atau pengangkatan pramu bakti,” kata Muhson.

Terkait peningkatan kualitas di bidang Urusan Agama Islam dan Syariah, Muhson juga akan mendorong penyuluh dan penghulu untuk saling berkompetisi dalam berbagai ajang lomba tahun ini. Harapannya, para penyuluh dan penghulu akan muncul di tingkat Provinsi atau nasional. “Kami juga akan berupaya dalam percepatan sertifikasi wakaf dan menyelenggarakan bimbingan pra nikah dengan optimal,” ungkapnya. — iq/bd