Masjid Adalah Tempat Untuk Pencerahan Umat

Sragen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen bersama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sragen mengadakan silaturahmi takmir masjid Se Kabupaten Sragen di Aula Kankemenag Sragen, Rabu (16/08). Silaturahmi yang diikuti 50 orang takmir masjid ini selain untuk mempererat hubungan baik sesama takmir masjid juga untuk menguatkan spirit nasionalisme, terlebih saat bangsa ini merayakan kemerdekaannya.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen melalui Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Fahrudin mengingatkan para takmir, bahwa takmir masjid memiliki peran yang penting bagi masyarakat.

“Takmir masjid itu memiliki peran strategis di masyarakat, masyarakat datang ke masjid itu membutuhkan pencerahan, membutuhkan penyejuk, bukan untuk menerima sesuatu yang membuat hati panas,” ujar Fahrudin.

Selain itu KH. Fahrudin juga memohon kepada para takmir masjid hendaknya selektif dalam menggunakan para penceramah di masjidnya.

“Takmir masjid jangan asal comot dan mengambil penceramah untuk berceramah di masjidnya, Dakwah yang harus hadir di tengah-tengah masyarakat adalah dakwah yang sesuai dengan turunnya agama Islam, yakni sebagai rahmat semesta alam, dakwah yang santun dan lemah lembut serta mendidik umat,” tambah Fahrudin.

Sementara itu dalam sesi berikutnya, KH. Mahmudi selaku wakil ketua MUI mengharapkan kepada para takmir masjid meningkatkan kualitas personel yang bertugas di masjidnya baik imam, khotib dan muadzin, termasuk juga kenyamanan jamaahnya. (ira1/Wul)