Masuk Top 10 ASN Inspiratif, Kang Widi Tak Main Main

Kendal – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berpartisipasi dalam Anugerah ASN tahun 2021, yang merupakan ajang pengakuan dan penghargaan (recognition and reward) bagi ASN yang telah berkontribusi nyata dan luar biasa bagi organisasi maupun masyarakat luas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Salah satunya Widi Astiyono atau yang akrab disapa Kang Widi, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal yang saat ini mengampu Pendidikan Agama Buddha di SDN Plososari, Patean. Berkat semangat dan kegigihannya kini dirinya berhasil menduduki top 10 ASN inspiratif dalam Anugerah ASN 2021 oleh Kemenpan RB, Rabu (24/11).

Untuk mengikuti ajang Anugerah ASN 2021 ini, sejumlah persyaratan dan kriteria harus dipenuhi oleh setiap calon kandidat. Antara lain, ASN yang diusulkan memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; memiliki penilaian kinerja minimal kategori baik selama dua tahun terakhir secara berturut-turut; serta memiliki inovasi/prestasi yang luar biasa yang dirasakan oleh organisasi dan/atau masyarakat.

Terdaftar sebagai peserta ajang Anugerah ASN 2021, Kang Widi tak main-main, dirinya bersungguh sungguh mempersiapkan diri untuk melewati berbagai tahapan seleksi, yang baginya memang tidak mudah.

“Dari awal pendaftaran saya menantang diri sendiri untuk betul betul siap mengikuti ajang ini, karena tahap seleksinya juga tidak mudah meliputi seleksi administrasi, penilaian portofolio, penilaian rekam jejak dan integritas, publikasi kandidat di website menpan.go.id atau media lainnya, verifikasi lapangan serta presentasi dan wawancara,” ujar Kang Widi.

Jam terbang Kang Widi sebagai guru dan sosoknya yang inspiratif diakui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus. Dirinya mengapresiasi kesungguhan Kang Widi dalam ajang ini, juga berharap kedepannya Kang Widi dapat menjadi inspirasi dan role model bagi ASN lainnya.

“Semangat dan kerja keras Kang Widi ini patut menjadi contoh sebagai bentuk kontribusi nyata dalam inovasi dan dedikasi selama menjadi abdi negara, yang nantinya kita harap dapat menjadi inspirasi dan role model dalam mengejawantahkan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa dalam pengabdiannya dimanapun ia ditugaskan, sesuai tema yang diusung pada Anugerah ASN tahun ini yaitu ASN BerAKHLAK,” tutur Mahrus.

Dikatahui pendaftaran Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 telah ditutup pada 16 Oktober 2021 lalu. Tercatat sebanyak 1.621 usulan ASN yang terdaftar dalam ajang ini. Terinci sebanyak 85 usulan ASN pada kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 158 usulan ASN pada kategori PPT Pratama Teladan, 1.029 usulan ASN untuk kategori ASN Inspiratif, serta 349 usulan ASN untuk kategori The Future Leader. Usulan ini meningkat dibandingkan pada 2020. (bel/rf)