Masyarakat Diminta Gunakan Medsos Dengan Bijaksana

Rembang – Masyarakat Rembang diimbau untuk menggunakan media sosial dengan bijaksana. Hal ini karena, di era keterbukaan sekarang ini, semua informasi bisa masuk, baik informasi baik buruk atau benar salah (tidak sesuai fakta).

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolres Rembang, AKBP Pungky Buana Santosa saat memberikan materi pada acara Sarasehan Kerukunan Umat Beragama dan Silaturahim Tokoh Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Rembang pada Kamis (23/8/2018), di Hotel Gajahmada Rembang.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, Prof Mudjahirin Thohir, Kapolres Rembang AKBP Pungky Buana Santosa, dan Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 120 peserta terdiri atas Polres Rembang, Kapolsek Kecamatan se-kabupaten Rembang, pengurus FKUB, Ketua MUI Kabupaten Rembang dan Ketua MUI kecamatan se-Kabupaten Rembang, penyuluh PNS dan non PNS, serta ormas keagamaan di Rembang.

Menurut Kapolres, media sosial mempunyai peran yang luar biasa untuk mempengaruhi mainstream dan perilaku masyarakat. “Medsos ini tidak mengenal ruang dan wkatu. Medsos bisa menghadirkan informasi kapan saja dan di mana saja. Informasi yang sifatnya baik maupun buruk, benar maupun salah. Yang perlu kita hindari adalah informasi yang mereduksi fakta, bahkan cenderung memprovokasi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat memanfaatkan medsos secara positif dan bijaksana.

Senada dengan Kapolres, Bupati Rembang yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan Setda Rembang, Nur Efendi mengatakan, banyak tantangan yang harus bisa dilalui.  Menurutnya, di era yang tanpa sekat ini, informasi apa pun dan dari siapapun setiap saat bisa diterima langsung oleh masyarakat luas.

“Informasi tersebut sulit terfilter, sulit membendung informasi yang ada di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Menghadapi hal itu, Nur Effendi meminta masyarakat untuk mengimbangi kemajuan teknologi dengan kepribadian. “Kami minta masyarakat agar selalu menciptakan suasana kondusif. Kepada tokoh masyarakat agar selalu menyampaikan informasi yang menyejukkan. Kalau ada info yang belum tentu kebenarannya, mohon untuk selalu dicrosscheck dengan sumber yang terpercaya,” tandas Noor Effendi. — iq/bd