Masyarakat Rembang Diminta Utamakan Zakat

Rembang — Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz meminta masyarakat Rembang untuk mengutamakan membayar zakat dari pada infaq dan sedekah. Hal ini karena zakat merupakan salah satu kewajiban umat Islam.
Demikian dikatakan Bupati Rembang dalam acara evaluasi dan optimalisasi perolehan zakat infaq dan shodaqoh yang diadakan oleh Baznas Kabupaten Rembang, Rabu (24/10/2018) di aula lt 4 Setda Rembang.
Bupati mengatakan, banyak masyarakat yang cenderung menempatkan infaq dan shodaqoh di atas zakat. Padahal, zakat haruslah diutamakan terlebih dahulu. Hal ini karena zakat merupakan salah satu rukun Islam. Menurut Bupati zakat tidak boleh dibedakan dengan salat. “Zakat dan salat itu sama-sama wajib bagi umat Islam,” tandasnya.
Bupati berharap bulan depan, utamanya ASN dan seluruh pegawai serta karyawan baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang maupun di instansi vertikal agar membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Rembang. Hingga kini, belum semua ASN  dan para pegawai di banyak instansi/lembaga membayar zakat melalui Baznas. “Kami mengimbau agar para pegawai, guru, dan karyawan membayar zakat. Tidak berat, paling hanya sekitar Rp100.000 perbulan dari penghasilan Bapak Ibu sekalian,” sambungnya.
Bupati mengisahkan, ada empat golongan orang yang dijamin masuk surga yaitu orang yang berhaji mabrur, orang yang mati karena berperang dijalan Allah, orang yang berilmu dan orang yang dermawan. Namun, di antara 4 golongan tersebut yang menjadi kunci pembuka pintu surga adalah orang yang dermawan. Sehingga orang yang dermawan adalah orang yang utama di antara golongan lainnya.
Ditambahkan Bupati, zakat merupakan salah satu hal yang dapat mengatasi kemiskinant. Apabila zakat yang diperoleh di sebuah daerah semakin banyak, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang teratasi dari kemiskinan. “Sumber dana untuk mengatasi kemiskinan itu bukan dari APBD saja. APBD hanya berkontribusi  kecil. Banyak sumber-sumber lainnya yang bisa turut mengatasi kemiskinan, di antaranya  zakat,” papar Bupati.

Selain fungsionaris Baznas Kabupaten Rembang, acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat. Di antaranya, Ketua MUI Kabupaten Rembang, Kakankemenag Kabupaten Rembang, sekda Rembang, dan seluruh UPZ dari dinas dan lembaga di Rembang. — iq/bd