MATSAMA MAN Temanggung Digelar secara Virtual

Temanggung – Mengingat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 oleh pemerintah, maka pada awal tahun pelajaran 2021/2022 ini pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MAN Temanggung dilaksanakan secara online (virtual).

Kegiatan MATSAMA dimulai Rabu 21 Juli 2021. Ahmad Sultoni, selaku Wakil Kepala Madrasah bidang  Kesiswaan dan ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan media Zoom Meeting dan berlangsung selama tiga hari .

“Kegiatan MATSAMA dilaksanakan secara virtual menggunakan media Zoom Meeting dan sudah kami buatkan jadwal. Insya Allah kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 21 sampai dengan 23 Juli 2021, semoga bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti,”ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan MATSAMA yang membawa manfaat bagi peserta didik baru.
“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan MATSAMA MAN Temanggung,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini tentu banyak memberikan manfaat bagi peserta didik baru, karena berbagai materi pembentukan karakter dan pengenalan lingkungan madrasah sangat diperlukan bagi peserta didik baru dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru.
Kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari pihak madrasah berharap kepada peserta didik bisa menjadi pribadi yang baik dan memiliki prestasi berkarakter.

Sementara Kepala MAN Temanggung, H. Khaeroni Hadi,  menyampaikan ucapan selamat datang dan harapan kepada peserta didik baru.

“Selamat datang dan bergabung para peserta didik baru di MAN Temanggung, besar harapan dengan diikutinya kegiatan MATSAMA ini peserta didik baru bisa mentaati segala peraturan dan tata tertib, menyesuaikan dengan lingkungan madrasah dan mengikuti pembelajaaran dengan baik serta bisa mengasah bakat dan kemampuan untuk meraih prestasi,” tuturnya

Di hari pertama, kegiatan doa, pembacaan mujahadah asmaul husna, serta visi-misi MAN Temanggung yang dipimpin oleh Jakfar Sodik. Sesi pertama dengan materi Penanggulangan Kenakalan Remaja yang dimoderatori Ismeini Tri Nugraheni, dan narasumber Anita Rini Madyo. Sesi kedua tentang Kurikulum dan Program Keterampilan dengan moderator Nur Isusilaningtyas, dan narasumber Suhadi, selaku Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum. Kemudian dilanjutkan sesi ketiga dengan materi Membangun Karakteri Siswa dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Madrasah yang disampaikan oleh Edi Prayitno. Pada hari pertama pelaksanaan MATSAMA, siswa yang berpartisipasi secara online sebanyak 280-an orang, namun diakhir sesi peserta yang masih bergabung hanya sekitar 175 orang. Berkurangnya partisipasi peserta dikarenakan kendala signal lemah, pulsa kuota habis, dan ada juga yang baterai HP lemah. Namun bagi siswa yang kesulitan mengikuti live zoom meeting, dari panitia sudah menyiasati agar siswa mengikuti live steeming melalui chanel youtube dengan alamat https://www.youtube.com/channel/UCUjibq6NT8K8HW2kxDVcIA. (jf/bd)