MATSAMA MIN 2 Temanggung

Temanggung – Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) atau yang juga dikenal sebagai MOS merupakan suatu kegiatan umum yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dalam menyambut peserta didik baru. MATSAMA ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari hari Senin-Selasa (16-17/07), dan diikuti oleh seluruh siswa dan siswi baru MIN 2 Temanggung.

“Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah terciptanya kondisi mental siswa baru yang bisa beradaptasi dengan lingkungan fisik dan sosial yang baru, terciptanya siswa baru yang mempunyai motivasi tinggi untuk belajar di MIN 2 Temanggung disamping juga  sebagai ajang taaruf (perkenalan) lingkungan, guru, senior, hingga staff dalam suatu madrasah terutama kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan di madrasah. Selain itu, kegiatan ini juga guna melatih kedisiplinan, ketahanan mental, serta mempererat tali persaudaraan.” ucap Kepala MIN 2 Temanggung, Kasno, dalam upacara pembukaan Matsama, Senin (16/07).

Pada hari pertama yaitu upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan pengenalan lingkungan dan dinamika kelompok. Dilanjutkan sosialisasi pendidikan hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh puskesmas Parakan.

Hari ke 2, Selasa (18/07) pemantapan dinamika kelompok dengan kegiatan out bound di Wapit (Wahana Alam Jumprit) dengan berbagai macam permainan dinamika kelompok di akhiri dengan tantangan flying fox.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia yang terdiri dari guru dan karyawan, dibantu oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Intra Sekolah (OSIS) selama kegiatan berlangsung.

“Harapan kedepannya dengan pengenalan Madrasah ini siswa dapat menempatkan diri dengan baik di MIN 2 Temanggung dan mengikuti kegiatan- kegiatan yang ada di Madrasah,” ucap Kasno mengakiri sambutannya. (kn-sr/sua)