Maulid Nabi Teguhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad

Rembang – Semarak maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya di lingkungan masyarakat umum, namun juga di lingkungan pendidikan formal, yaitu di sekolah-sekolah. Selasa (20/11/2018), SDN Landoh, Kecamatan Sulang, Rembang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Acara ini menghadirkan pembicara Penyuluh Agama Islam Kankemenag Rembang, Siti Nafiah.

Ratusan siswa-siswi SD dengan serius menyimak pemaparan tentang Nabi Muhammad dari pembicara. Mereka yang tergolong masih usia dini itu bisa mencerna pemaparan tausiyah dengan kemasan bahasa yang sederhana.

Siti Nafiah menjelaskan kepada anak-anak, Nabi Muhammad merupakan sosok tauladan yang sempurna.  “Anak-anak harus mengerti bagaimana perilaku Nabi sehari-hari dan kita harus mencontohnya,” ungkap Nafiah.

Dikatakannya, meneladani perilaku Rasulullah tidak hanya sekadar hafalan tentang rukun Islam dan rukun iman. Lebih dari itu, akhlak Nabi dalam menjalankan kehidupan sehari-harilah yang patut dicontoh.”Bagaimana cara menghormati orang tua, guru, dan memperlakukan teman semua sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw,” kata Nafiah kepada para siswa.

Menurut Nafiah, peringatan Maulid Nabi ini adalah sebagai uaya untuk membentuk karakter anak sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. “Karakter Nabi Muhammad Saw ini sejatinya adalah tujuan dari kurikulum 2013, yaitu membentuk budi pekerti anak,” ujarnya.

Nafiah berharap, dengan peringatan Nabi Muhammad ini, akan selalu tumbuh kecintaan kita kepada Nabi Muhammad Saw. Menurutnya, anak-anak perlu selalu diingatkan untuk mencinta Nabi karena akan memberikan syafaat di Hari Akhir. “ Kecintaan terhadap Rasulullah adalah sebuah keniscayaan sebagai konsekuensi dari keimanan,” tandas Nafiah. —iq/bd