Medsos Berperan Pengaruhi Pemilih Di Pilkada

Kudus – Guna memberikan informasi kepada masyarakat terkait hasil Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kudus  tahun 2018 ,  KPU Kabupaten Kudus menyelenggarakan kegiatan Desiminasi  Riset Hasil Pemilihan Bupati  dan Wakil Bupati Kudus  di Hotel @ Home Kudus, Rabu  (17/10 ) diikuti oleh Forkopinda, Akademisi, Tim Sukses Bupati , LSM dan OPD termasuk KaKanKemenag Kabupaten  Kudus.

Hadir sebagai nara sumber Mas’udi ,  Peneliti Perilaku Pilkada Kabupaten  Kudus mengatakan bahwa media sosial ( Medsos) ikut berperan dalam mempengaruhi warga Kabupaten Kudus dalam menentukan pilihanya terhadap pasangan calon dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2018.

“generasi milenial cenderung memanfaatkan  dunia maya dalam mengakses informasi tentang  masing masing pasangan calon, termasuk visi dan misi serta rekam jejaknya. Hal tersebut juga diperolah dalam penelitian bersama timnya , bahwa generasi milenial cukup besar dan mengambil peran dalam kegiatan publik. Mereka tidak bisa ditekan dengan beberapa hal yang menjadi strategi baik oleh tim pasangan calon maupun partai agar mereka memilih pasangan calon tertentu bahkan pilihan keluarga juga tidak mudah untuk mempengaruhi generasi milenial yang lebih senang mencari informasi soal figur calon dari media sosial maupun dunia maya.” ucap mas'udi

“Sementara pengaruh politik uang  dinilai tidak terlalu signifikan karena masing masing pemilih saat ini  memiliki kesadaran dalam menentukan pilihanya demi pembangunan selama lima tahun mendatang.”lanjutnya

Mas’udi menganggap generasi saat ini juga mulai melek dengan dunia politik karena informasi mudah diperoleh lewat dunia maya.

Penelitian melibatkan 37 responden dengan katarestik sosial dan kecamatan yang berbeda. Respodenya  meliputi pemilih pemula, pendidik, akademisi difabel dan pekerja swasta. (StZul/wwk/bd)