Melalui Kajian Kitab, Tingkatkan Pembekalan Keagamaan Penyuluh

Banjarnegara –  Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Wanayasa mengadakan kegiatan di bulan ramadhan 1442 H. Kegiatan kajian bulan ramadhan ini bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Wanayasa, yang dimulai pukul 13:00 -selesai, pada hari Rabu (05/05).

Turut hadir dalam kegiatan bulan ramadhan ini seluruh Penyuluh Agama Islam Non PNS, Penyuluh Fungsional, serta Kepala KUA Kecamatan Wanayasa selaku atasan langsung PAI Non PNS.

Kegiatan kali ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempelajari materi-materi keislaman lebih dalam. Dengan ini sebagai bekal para penyuluh dalam melaksanakan tugas penyuluhan ditengah- tengah masyarakat, di desa binaan masing –masing maupun di lintas sektoral. Karena penyuluh agama islam  sebagai ujung tombak kementrian agama.

Kepala KUA Wanayasa, H. Wahid Syaifudin dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran penyuluh ditengah masyarakat. “Peran penyuluh di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting, maka dari itu seluruh penyuluh agama islam untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan di masyarakat,” terangnya. 

Beliau mengajak kepada semua penyuluh di 10 hari terakhir  bulan ramadhan ini untuk selalu semagat dalam beribadah. Di sepuluh hari terakhir Ramadhan ini mari kita memperbanyak membaca Al Quran, memperbanyak sedekah, dan menunaikan salah satu rukun islam yang ke 4 yaitu membayar zakat fitrah imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Syukur selaku penyuluh agama islam Non PNS menyampaikan kajian yang diambil dari kitab Ayyuhal waalad (Imam Ghazali).  Beliau menyampaikan tentang kehidupan manusia pada masa sekarang ini

“Melihat dan memperhatikan dalam perkembangan zaman, banyak manusia bersandar kepada selain Allah SWT mereka menyandarkan kepada harta benda, kekuasaan,kemampuan diri(prestasi) dan sesama mahkluk lain,“ jelasnya.

Padahal hal-hal tersebut hanyalah sebagai sarana beribadah, sebagai pijakan kita untuk meraih lebih jauh yaitu kehidupan di akhirat. Barangsiapa yang bertawal/ bersandar kepada Allah maka akan dicukupi olehNya.

Dengan berharap keberkahan bulan Ramadhan, kegiatan kali ini ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan bagsa Indonesia  yang dibawakan oleh Hasan selaku penyuluh agama islam Non PNS kecamatan Wanayasa. (wr/dr/mnh)