Melalui Kegiatan LDK, Pengurus OSIS MAN 2 Tegal Ditempa

Tegal (Slawi)– Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Kegiatan ini  biasanya dilakukan oleh pengurus OSIS lama kepada calon pengurus OSIS yang baru.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan program kerja pengurus OSIS lama yang dilaksanakan menjelang pergantian masa bakti kepengurusan. OSIS MAN 2 Tegal melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan bertemakan “Generasi Baru, Tantangan Baru, Semangat Baru” yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS MAN 2 Tegal. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 12-13 Oktober 2018.

Andri Wijaya Kusuma, selaku Ketua Pelaksana menyampaikan “LDK tahun ini diikuti oleh 49 peserta yang berasal dari kelas X dan XI. Sedangkan untuk panitia kegiatan ada 12 orang yaitu Pengurus OSIS MAN 2 Tegal Periode 2017/2018”, terangnya.

Andri menambahkan, “Selain dari siswa, panitia juga berasal dari dewan guru yang bertugas untuk mendampingi kegiatan dan sebagai narasumber untuk materi yang akan disampaikan selama kegiatan”, tambahnya.

Kegiatan LDK dibuka langsung oleh A. M. Alwi selaku Kepala Madrasah. Dalam amanatnya tersebut, beliau menegaskan kepada panitia dan peserta LDK agar tetap menjaga kesehatan dan dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik serta dapat mendapatkan ibrah yang nantinya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun yang lain.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diisi dengan berbagai materi antara lain ; management kepemimpinan, strategi pengenalan dan pengembangan OSIS, pembinaan keimanan dan ketaqwaan, penyusunan proposal serta jurnalistik yang diisi oleh guru pengajar yang sudah handal dalam bidangnya. Selain materi, latihan fisik dan mental pun turut masuk dalam kegiatan tersebut.

Titik Lina Handaru, selaku pembina OSIS mengatakan “Kegiatan LDK tahun ini memang dikhususkan untuk pembekalan materi agar peserta benar-benar siap untuk menjadi pengurus OSIS, namun tidak hanya itu panitia juga telah menyusun kegiatan outbond di luar madrasah sebagai sarana  kegiatan melatih mental serta fisik para peserta”, ungkapnya.

Guru yang akrab disapa Titik, menambahkan “Outbond ini kami telah susun sedemikian rupa agar peserta dapat melatih kerjasama, belajar menyelesaikan masalah, serta mengasah life skill dan soft skill yang dimilikinya”, tambahnya dengan penuh semangat.

Ditemui selepas mengikuti acara pembukaan LDK OSIS MAN 2 Tegal (13/10), Rindi Antika Sari berharap “Semoga adik-adik pengurus OSIS yang baru dapat menyerap dengan baik seluruh materi yang diberikan oleh narasumber sehingga OSIS MAN 2 Tegal akan lebih maju kedepannya selama berada dalam kepemimpinan mereka”, pungkasnya. (dhi)