Melalui Semangat Sumpah Pemuda, Bentuk Kedewasan Berfikir Positif

Banjarnegara – Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, melalui tugas dan fungsi pembinaan, bekerja sama dengan Kepolisian Negara dan TNI, dalam rangka hari Sumpah Pemuda, mengadakan kegiatan Pembinaan Remaja, Rabu kemarin (31/10).

Bertempat Gedung IPHI Kabupaten Madukara, dengan mengundang 40 peserta perwakilan remaja dari desa se-kecamatan madukara, dan mengambil tema “Menuju Remaja Cerdas, Bersih Dan Berakhlak Mulia”.

Camat Madukara, Maryanto, membuka secara resmi kegiatan, yang di mulai jam 07.30 WIB. Camat berharap kegiatan sebagai media mengisi Sumpah Pemuda dengan positif  dan bermanfaat bagi generasi muda. “Remaja juga bisa memahami perannya pada kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pendewasaan usia nikah, dan peran produktif lainnya,” ucap Maryanto.

 “Akad nikah itu mudah diucapkan tetapi mengakibatkan konsekuensi yang sangat kompleks. Oleh karenanya, dalam membangun rumah tangga dibutuhkan kesiapan yang matang, salah satuanya adalah usia dewasa dikenal sebagai Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP),” ucap Ali Mustofa, narasumber dari Bimas Islam.

“Dengan kematangan usia nikah di harapkan pasangan suami istri akan mampu membangun keluarga yang berkualitas, keluarga yang mempunyai ketahanan yang kokoh dalam menghadapi segala pernik-pernik dalam biduk rumah tangga,” tambahnya.

Ali Mustofa menekankan, remaja untuk berpikir dan berperilaku positif di era kekinian yg penuh tantangan. “Diantara perilaku yg baik adalah bijak dalam bermedia sosial, santun dalam pergaulan dan mengedepankan akhlak mulia,” lanjutnya.

Adapun narasumber kedua, Budi Darmawan, dari Kapolsek Madukara. Membawakan materi tentang bagaimana menekankan kewaspadaan terhadap pengaruh negatif media sosial yg menyebabkan kenakalan remaja.(Nangim/Sua)