Melestarikan Bahasa Jawa Melalui Khutbah Jumat

Purbalingga – Memeriahkan Hari Amal Bakti ke – 72 Kementerian Agama, Penyuluh  Agama Islam Non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Lomba Penulisan Naskah Khutbah Jumat Berbahasa Jawa yang diselenggarakan Rabu (27/12) di Aula Lantai II Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

Koordinator Seksi Lomba Penulisan Naskah Khutbah Jumat, Khikam Aziz menjelaskan bahwa peserta lomba adalah para penyuluh Agama Islam Non PNS dari 20 Kantor Urusan Agama yang ada di Kabupaten Purbalingga.

“Dalam kegiatan ini para Penyuluh Fungsional didapuk oleh Panitia HAB Kemenag sebagai penyelenggara kegiatan, sehingga peserta berasal dari para Penyuluh Non PNS. Tema yang diangkat sesuai dengan bidang yang dikuasainya sesuai tugas pokok yang diamanatkan oleh Kepala KUA masing-masing,” jelas Aziz.

Khikam menambahkan bahwa pemilihan khutbah berbahasa Jawa di samping karena medan dakwah para penyuluh adalah warga pedesaan yang masih berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa, juga untuk melestarikan budaya warisan nenek moyang yang adiluhung. Dalam lomba ini para peserta dituntut untuk menguasai tata bahasa Jawa yang baik dan benar sehingga  materi khutbah yang disusun diharapkan dapat tersampaikan kepada jamaah. Direncanakan hasil lomba ini nantinya setelah melalui proses evaluasi dan editing akan dicetak menjadi sebuah himpunan khutbah Jumat berbahasa Jawa yang dapat digunakan oleh para khatib di wilayah pedesaan.

Penyetorkan naskah hasil karya para penyuluh Non PNS via e-mail dengan batas akhir penyetoran 26 Desember 2017 dimaksudkan agar para penyuluh Non PNS menguasai teknologi informasi yang telah menjadi tuntutan saat ini. Evaluasi dan penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari 3 orang. Juri I KH Roghib Abdurohman – Ketua MUI Kabupaten Purbalingga, Juri II H.M. Sukarman, S.Ag. – Wakil Ketua I Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purbalingga dan Juri III Kyai Sujendro – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Purbalingga

Menurut Khikam, hasil kejuaraan perlombaan akan diumumkan pada saat Upacara Hari Amal Bakti ke – 72 Kementerian Agama di Alun-alun Purbalingga, 3 Januari mendatang bersamaan dengan penerimaan Piala dan Piagam Penghargaan dari seluruh perlombaan yang diselenggarakan. (sar/gt)