Membangun Jiwa Kepemimpinan Siswa Dengan Kegiatan LDK

Surakarta – Kesiswaan MTsN Surakarta 1 mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS, Dewan Penggalang (DP) serta anggota Paskibra periode 2018-2019. Kegiatan ini berlangsung tanggal  11-12 Agustus 2018 bertempat di MTsN Surakarta 1.

LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan kepada  peserta yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan sebelum terjun berorganisasi. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kirno Suwanto selaku Kepala MTs Negeri Surakarta 1.

“Kalian adalah anak-anak terpilih. Untuk itu, saya harap kalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar dapat dijadikan bekal berorganisasi kedepannya.” pesan Kirno Suwanto  dalam sambutannya saat membuka LDK. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dan 71 panitia dari OSIS, PASKI, dan DP. Serta beberapa alumni dari setiap organisasi.

Peserta mendapatkan dua materi. Materi pertama tentang kepemimpinan (leadership) yang dimentori oleh Muhammad Iqbal, Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) cabang Universitas Sebelas Maret (UNS) dan materi kedua  oleh Muhammad Rega dari Tim Trainer Mozaik Kriya Mandiri cabang Kota Surakarta tentang manajemen organisasi. Selain itu, mereka juga mendapat bimbingan langsung dari angkatan sebelumnya dalam menyusun rancangan kerja.

“Kegiatan LDK tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi yang paling berkesan bagi saya adalah kemandirian dari para senior dalam pengondisian peserta  tanpa ada campur tangan dari bapak ibu guru pembimbing.” tutur Edi Hartanto selaku ketua panitia pelaksanaan LDK 2018. Yang juga pembina OSIS MTsN Surakarta 1 di sela-sela kegiatan

“Disiplin hendaknya tidak hanya dilakukan pada saat LDK saja, namun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas, dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun,” pungkas Edi. (rma/Wul)