Membangun Kepribadian Pemimpin yang Berkualitas secara Akademis, Agama, dan Organisasi

Temanggung –  Kepemimpinan merupakan motor dari semua sumber dan alat yang tersedia bagi suatu organisasi. Oleh karena itu seorang pemimpin akan menjadi penggerak sumber-sumber (baik sumber humam maupun sumber non humam) yang kesemuanya itu ditujukan untuk organisasi. Untuk membangun dan mengembangkan sifat dan teknik kepemimpinan adalah dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan. Latihan kepemimpinan pada umumnya dilaksanakan dengan melatih diri sendiri (self training), artinya orang harus melatih diri bertindak sesuai dengan sifat kepemimpinan.

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan menjadi sangat penting artinya dalam meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian para pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTsN Kedu sebagai calon pemimpin yang baik. Sebanyak 80 Siswa Madrasah Negeri  Kedu yang mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)  dari pengurus OSIS periode 2017-2018 55 siswa dan pengurus OSIS periode 2017-2017 25 siswa yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad, 9-10 September 2017 di MTsN Kedu.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala MTsN Kedu, H.Khaerun.  Dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh Dewan Guru dan Staf karyawan MTsN Kedu,  Kepala Madrasah menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan LDK ini yaitu ingin menetapkan peserta didik menjadi seorang pemimpin yang berjiwa disiplin, berani, kreatif dan bertanggung jawab.

Khaerun juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan adalah : untuk mengembangkan potensi pengurus OSIS agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kepribadian pengurus OSIS sebagai calon pemimpin dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik. Meningkatkan kemampuan pengurus OSIS dalam mengemukakan prinsip koordanisai, integrasi dan sinkronisasi. Meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan kecerdasan kinestesis pengurus OSIS.

Lebih lanjut kepada para peserta LDK Khaerun berpesan, kalian di sini akan diberi bekal dan pembinaan supaya kalian lebih tegas dan disiplin, dengan waktu yang hanya dalam waktu 2 hari kalian harus benar-benar mengikuti dengan baik agar kalian akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Dan akhirnya LDK pun di buka oleh Kepala Madrasah, adapun tema kegiatan : “Membangun Kepribadian Pemimpin yang Berkualitas secara Akademis, Agama, dan Organisasi, “ katanya.

Khaerun  berharap “Semoga MTsN Kedu ke depan lebih baik, penuh dengan kegiatan yang bermanfaat dan maju”, pungkasnya.(sr/Af)