Membangun Komitmen Dan Disiplin Pegawai Melalui Apel Pagi

Pati – "Komitmen dan Disiplin Pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah Birokrasi atau Pemerintahan. Komitmen dan Disiplin Pegawai akan memudahkan di dalam pemahaman visi, misi dan sasaran sehingga prosentase pencapaian target dapat lebih dioptimalkan".

Hal tersebut di atas dikemukakan oleh Kepala Subbag Tata Usaha mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ahmad Syaiku, saat memberikan arahan selaku Pembina Apel Pagi Bersama di Halaman Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Senin (19/02/2018).

Lebih lanjut Syaiku menegaskan bahwa, dalam kegiatan Apel Pagi yang diutamakan adalah kedisiplinan mengikuti apel dan komitmen untuk selalu secara bersama membaca, memahami dan menerapkan Visi-Misi dan 5 Nilai Budaya Kerja. Disamping itu, setiap perkataan yang di ulang-ulang waktu apel mengandung makna magis yang sifatnya motivasional. Kesempatan apel pagi juga dimanfaatkan Pembina Apel untuk sharing informasi perkembangan Birokrasi, mengingatkan kembali tujuan institusi dan memberikan arahan-arahan yang diperlukan kepada seluruh ASN, paparnya.

"Bukti lain efektifnya apel pagi adalah dapat terlihatnya kebersamaan, sebab didalam melaksanakan apel, kita berbaris bersama, bersusun bahu bersama-sama, berpagar betis bersama, dengan pakaian juga yang sama, dan inilah yang membuat kita sama. Oleh karena itu, apel ini kalau benar-benar dihayati maka manfaatnya sangat besar, membuat kita adanya persamaan didalam kehidupan kita, sebab tidak mungkin pekerjaan yang begitu banyaknya dapat kita kerjaan dengan dua orang atau tiga orang. Dengan kebersamaan kita, maka kita dapat melaksanakan tugas dengan baik".Tegas Ka.Subbag TU.

Akhir arahannya, Syaiku mengatakan, ternyata apel pagi bukan hanya sekedar berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dapat juga digunakan sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan birokrasi seperti yang telah dilakukan secara rutin dan konsisten oleh ASN dan PTT Kemenag Kabupaten Pati. (Athi’/bd)