Membangun Moderasi Beragama di Jawa Tengah

Semarang – Bimas Hindu. Membangun kebersamaan dan saling menghormati antar pemeluk agama sangat penting sebagai bentuk saling menghargai dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan sehingga dalam kehidupan tidak kaku. Ini merupakan bentuk pelaksanaan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Demikian disampaikan I Ketut Widnya dalam sambutan peresmian gedung secretariat Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah (20/3).

“Membangun Modersai beragama di Jawa Tengah sangat penting sebagai aplikasi Pancasila Sebagai Dasar Negara  Kesatuan Republik Indonesia” ucapnya

Lebih lanjut Ketut Widnya menyampaikan sebagai umat Hindu harus mampu membangun keyakinan beragama dengan baik dan juga dengan membangun keumatan yang mempu mendukung program pemerintah.

“ Sebagai umat Hindu harus menlaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara”. lanjutnya

Peresmian Gedung Skretariat Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh jajaran pemerintah Provinsi Jawa Tengah Sekretaris Kesbangpolinmas Provinsi Jawa Tengah, plt Kepala Bagian Tata Usaha Provinsi Jawa Tengah, Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah dan umat Hindu  Jawa Tengah.

Harapan besar disampaikan Ketut Widnya dengan gedung ini adalah sebagai sarana berkoordinasi, meningkatkan kinerja dan rumah umat Hindu serta Parisada Hindu Dharma Indonesia Jawa Tengah.

Gedung Skretariat ini berdiri di sekitar Pura Agung Girinatha yang merupakan Pura Provinsi Jawa Tengah sebagai sentra kegiatan kegamaan umat Hindu. Dengan keberadaan gedung sekretariat ini akan meningkatkan mobilitas kegiatan lembaga dan keumatan di Jawa Tengah. (Wahonogol/bd)