Menambah Wawasan Pengetahuan Dengan Kunjungi Dunia Industri

Surakarta – Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 93 siswa kelas XI MA Al-Islam Jamsaren Surakarta,didampingi sembilan guru pembimbing  mengadakan Studi Lapangan ke perusahaan multinasional PT Coca Cola Amatil, PT Sinar Sosro, dan Kampung Kopi, di Banaran, Ungaran, Semarang, Kamis(14/2).

Menurut koordinator lapangan, Khoirul Masyhur ESP, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan serta mengenalkan para siswa pada dunia industri.

“Kunjungan yang pertama yaitu pembuatan minuman Coca Cola, dilanjutkan obyek yang kedua belajar penanaman dan pembuatan kopi banaran serta yang terakhir belajar pembuatan dan pengemasan teh botol sosro,” ujar Khoirul yang merupakan Wakamad Kesiswaan.

Setibanya di perusahaan kelas dunia itu, rombongan dari MA Al Islam Surakarta tersebut disambut Agus Joko Raharjo, salah satu pegawai Coca Cola.

Melalui Agus para siswa memperoleh pengetahuan yang banyak tentang sejarah berdirinya Coca Cola dan proses pembuatan minuman lewat tayangan video yang sudah dipersiapkan.

Untuk lebih mengetahui seluk beluk perusahaan terkemuka itu, pihak manajemen juga memberi kesempatan kepada peserta didik dengan membuka sesi tanya jawab.

Sebelum meninggalkan perusahaan itu para peserta  diajak keliling melihat secara langsung pembuatan minuman di pabrik.

Kunjungan kedua menuju Kampung Kopi Banaran. Untuk menuju ke perkebunan kopi itu, peserta diajak menaiki kereta wisata. Selama perjalanan para siswa dan pembimbing belajar tentang sejarah kopi, proses penanaman hingga panen dan cara memproduksi kopi.

Kunjungan terakhir tertuju di PT Sinar Sosro. Melalui dua petugasnya, Friska dan Mega, rombongan memperoleh ucapan selamat datang dan penjelasan tentang sejarah berdirinya teh botol sosro dan proses produksi.

Setelah diajak mengelilingi pabrik pembuatan teh botol terbesar di Indonesia itu, rombongan mengakhiri kunjungannya dengan foto bersama. (syafi’i_rma)