Rukyatul Hilal 1 Muharom 1443 H

Menara Wijaya, Tempat Rukyatul Hilal Baru di Sukoharjo

Sukoharjo-Rapat koordinasi (Rakoor) Persiapan Rukyatul Hilal 1 Muharom / 1 Suro (9 Agustus) 1443 H / 2021 M berlangsung tadi pagi menjelang siang jam 10.00 WIB Rabu,(16/6) di Warung Biru Jombor Sukoharjo. Hadir dalam rapat tersebut sekitar 15 peserta unsur Pengurus BHRD terdiri dari, Ahli Falaq Assallam Surakarta, Al Mukmin Ngruki, Imam Suhodo Sukoharjo, Pengadilan Agama (PA) Sukoharjo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo.

Membuka rapat Tri Minarno  Ketua BHRD Kabupaten Sukoharjo yang juga Penyelenggara Zawa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa pelaksanaan Rukyatul Hilal akan sama seperti pada tahun sebelumnya. Rencananya tempat pelaksanaan di Menara Wijaya Lt 11 pada hari Senin  sore  tanggal 9 Agustus  2021, tuturnya.

Kemudian menurutnya unsur terkait yang terlibat dalam pelaksanaan rukyat adalah Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo ( Gara Zawa dan Bimas Islam ), Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo ( Sekda, Kabag Kesra, dan Kabag Humas), Pengadilan Agama dan Perwakilan Organisasi masyarakat Islam Sukoharjo.

Pada rapat tersebut Tri Minarno juga menyampaikan  bahwa dalam pelaksanaan rukyatul hilal tersebut akan mengundang beberapa unsur masyarakat yang akan disampaikan menjelang hari H dan akan memberikan informasi kepada masyarakat Sukoharjo tentang hasil pelaksanaan rukyatul hilal tersebut melalui media massa.

Dari Kesra  juga menambahkan bahwa 1 pekan sebelumnya sudah mengajukan terlebih dahulu permohonan ijin lokasi untuk Rukyatul Hilal. Selanjutnya sehari sebelum pelaksanaan Rukyatul Hilal akan dilakukan observasi mengingat tempat tersebut baru pertama kalinya  untuk Rukyatul Hilal. Selain mengucapan terima kasih kepada Pemda Sukoharjo, Tri minarno juga berharap masyarakat akan lebih mudah untuk mengetahui adanya kegiatan rukyatul hisab tersebut, dikarenakan lokasi rukyatul hilal yang terbilang masih baru namun demikian sudah banyak warga masyarakat yang mengetahuinya. ”Terima kasih kepada Pemda Sukoharjo yang telah membiayai Rukyatul Hilal ini, kenapa di gedung Wijaya lantai 11 karena tempatnya sangat representatif saya harap masyarakat lebih mengenal adanya rukyatul hilal ini yang mana akan disiarkan melalui streaming youtube ” terang Tri Minarno.

 Sementara itu Ahli Falaq dari PPMI Assalaam Ustadz AR Sugeng Riyadi menyampaikan kenapa Rukyatul hilal ini pada tanggal 1 Muharom tidak tanggal 1 Dzulhijah saja, karena kalo tanggal 1 Dzulhijah hanya 3,5 derajat (kecil), sementara 1 Muharom 10 derajat (Besar). (swd/djp/rf)