Mencari Bakat Dan Minat Siswa, MTs Nuranom Gringsing Gelar Class Meeting

Batang – Untuk menunjukkan kreatifitas siswa serta upaya untuk melakukan penelusuran bakat minat dan kecenderungan siswa MTs Nuranom Gringsing menggelar kegiatan class metting yang diikuti oleh seluruh kelas VII dan VIII setelah selesai melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT), pada Senin (14/06) .

Kepala MTs Nuranom Sundari dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan class meeting adalah ajang bagi siswa untuk berekspresi. untuk itu kegiatan ini harus betul-betul di manfaatkan oleh seluruh siswa untuk menampilkan bakat yang terpendam di masing masing siswa.

“Kegiatan class metting itu adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk melihat potensi yang dimiliki oleh para siswa, untuk itu saya berharap para siswa dapat memanfaatkan ajang ini untuk berekspresi sesuai kemampunnya masing-masing,” jelas Sundari.

Dia juga berkomentar class meeting menjadi ajang pembuktian bahwa siswa tidak hanya cakap dalam intellectual quetion saja tetapi mampu mengoptimalkan otak kirinya untuk berprestasi.

“Prestasi yang idial adalah prestasi yang memberikan porsi seimbang untuk pemenuhan kebutuhan otak kanan dan kiri, otak kanan untuk akademisi dan otak kiri untuk ekspresi seni,” tambahnya.

Sementara itu Nur hidayah guru bahasa Inggris di madrasah itu mengatakan bahwa dengan class meeting mengajar kan kepada siswa hidup itu harus berkompetisi.

“Kompetisi mengajarkan pada siswa bahwa hidup, yang paling sederhana dapat kita lihat dalam alur class meeting itu artinya kegiatan itu menunjukan bahwa keberhasilan tidak akan datang kepada kita tanpa kerja keras, ketekunan dan persaingan yang menjadi pemenang adalah mereka yang telah tekun dalam mengikuti proses dan memenangkan berkompetisi, tidak ada yang instan dalam hidup ini, yang ada adalah ketekunan, kesabaran dan keuletan dalam menjalani hidup dan kehidupan,” kata Nur Hidayah .

Dia juga menekankan karena begitu besar nilai pendidikan yang dapat diambil dalam kegiatan itu maka, dia menyarankan agar semua siswa yang memiliki talenta untuk dapat berpartisipasi secara totalitas dalam kegiatan itu.

Waka kesiswaan MTs Nuranom A.Ghufron dalam penjelasannya mengatakan kegiatan class meeting ini mengambil beberapa tema besar yang menunjang terasahnya bakat, minat para siswa.

Class metting kali ini ada beberapa cabang lomba yaitu MTQ,Tartil, Pidato dan Kebersihan Kelas, cabang-cabang itu kita pilih selain kita ingin melihat kemampuan siswa, juga sebagai ajang untuk mencari bakat dari para siswa,” jelasnya.

Dia berharap semoga class meeting itu dapat menjadi ajang untuk mencetak generasi yang kreatif, inovatif dan tangguh sehingga menghasilkan generasi yang bukan saja cerdas, kreatif dan competitive dalam menyongsong masa depan yang lebih baik lagi.(Nurhidayah/siswo/Zy)