Mengenang Ulama KH. NAFI ABDILLAH Pimpinan PP Mathaliul Falah

PATI –  Kabupaten Pati baru saja kehilangan satu tokoh agama kharismatik, yaitu KH. Nafi’ Abdillah yang wafat di Turki pada hari Ahad, 22 Jumadil Ula 1438 H/ 19 Februari 2017 seusai melaksanakan ibadah Umroh. Yi Nafi’ (begitu panggilan akrabnya sehari hari) adalah putra KH. Abdullah Zein Salam bin KH. Abdussalam. Kakeknya  KH. Abdussalam adalah pendiri Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) penerus estafet kepemimpinan setelah KH. Mahfudh Salam Ayahanda KH. MA Sahal Mahfudh.

Nafi’ Abdillah adalah sosok yang bersahaja, santun dan ramah kepada siapapun. Sebagai seorang mursyid thariqah beliau mempunyai jamaah dari berbagai kalangan, mulai dari orang awam hingga para cendekiawan baik dalam maupun yang diluar negeri. Jenazah Yi Nafi’ diterbangkan menuju jakarta selasa dini hari dan sampai kajen Pati hari Rabu Jam 01.30 dini hari. Ribuan pelayat turut hadir bahkan untuk menyambut kedatangan jenazah Almarhum ada yang rela menunggu dari hari Minggu hinggu Rabu dini hari. Yi Nafi’ dimakamkan didekat Ayahandanya KH. Abdullah Zein Salam.

Kepala Kankemenag Kab. Pati, Akhmad Mundakir yang hadir dalam acara pemakaman kemarin malam (Selasa,21/2) mengungkapkan rasa kehilangan  atas kepergiannya, selain sebagai Guru, Yi Nafi’ adalah Bapak dari umat yang tentunya banyak memberi teladan dan petuah yang sangat berharga. “ Kita Kehilangan Patok Bumi Ulama Kharismatik” tutur Mundakir. Hingga Usai pemakaman banyak para pelayat yang masih berdatangan. Salah satu petuahnya adalah pentingnya ikhlas sebagai intisari amal. Hanya dengan ikhlas  hati kita tenang jangan melakukan sesuatu selain motivasi karena Allah. Selamat Jalan KH. Nafi’ abdillah bin Abdullah Zein Salam. (Athi’/bd)