Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tilawati

Tegal – Membaca Al-Qur’an merupakan perintah agama, sesuai yang diterangkan dalam surat al-Alaq ayat 1, dimana umat Islam diperintahkan untuk membaca dengan menyebut nama Allah SWT, hal tersebut seperti yang disampaikan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Muhsonah saat melakukan kunjungan pada acara Ujian Bersama Santri pada Metode Tilawati, Minggu (11/11) di Kantor Badko TPQ Kota Tegal.

Menurut Muhsonah, membaca membutuhkan kemampuan mengingat, memahami, dan melisankan ayat yang tertulis, sehingga membutuhkan beberapa metode dalam membaca al-Qur’an, salah satunya adalah metode tilawati.

Metode tilawati selain merupakan cara untuk mengatur membaca al-Qur’an supaya baik dan indah, juga untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dalam membaca al-Qur’an.

Metode ini telah banyak di kembangkan pada Madrasah Diniyah, namun saat ini banyak yang dipraktekan pada Taman Pendidikan Qur’an (TPQ),’ terang Muhsonah.

Sebelum diterapkan metode tilawati, nilai rata-rata dalam membaca al-Qur’an sangat rendah, namun setelah dipraktekan metode tersebut hasilnya sangat memuaskan, dilihat dari indikator dan keberhasilannya pada santri dalam membaca al-Qur’an sangat peka, sehingga bisa di minimalisir kesalahnya,”tuturnya.

Kunjungan diakhiri dengan meninjau beberapa TPQ di Kota Tegal, yaitu TPQ AL HUDA, TPQ MASYITHOH, TPQ AT TAQWA, TPQ ROBI'AH dan TPQ AL ISTIANAH.(IM/rf)