Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Lomba Mewarnai

Temanggung –  Masa usia anak pra sekolah PAUD/RA/TK merupakan masa usia emas (Golden Age) yang sangat menetukan tumbuh kembang anak. Untuk itu perlu pada periode tersebut anak selalu digali semua potensinya baik kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Demikian disampaikan Joko Pamela  selaku pembina Yayasan Jogorekso ketika membuka kegiatan Lomba Mewarnai bagi anak RA/TK di halaman Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi'ien Tlahap Sabtu (24/03).

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut diselenggarakan dalam rangka ulang tahun pertama dan sekaligus sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018/2019 MI Hidayatul Mubtadi'ien Tlahap Kecamatan Kledung.

Sementara itu menurut  Nuryanto selaku pengawas Madrasah Kecamatan Kledung berharap  agar sebagai MI yang baru didirikan untuk memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat sekitar, terutama kepada anak-anak RA/TK di Wilayah Kecamatan Kledung.

Nuryanto mengatakan bahwa lomba mewarnai ini dimaksudkan untuk mengasah bakat dan minat anak sejak dini sekaligus meningkatkan minat dan budaya baca. Sehingga anak sejak usia PAUD dan TK/RA sudah gemar dengan buku.

Tujuannya untuk mengenalkan sejak dini perpustakaan sehingga mau datang ke perpustakaan. Sebab disini banyak tersedia koleksi buku dan mainan yang dibutuhkan anak-anak. Walaupun tidak membaca, otomatis mereka tahu lokasi perpustakaan, katanya.

Dalam kesempatan tersebut menurut Ketua panitia Dwi Susanto mengatakan agar diadakan juga lomba mewarnai bagi para orang tua yang ikut mendampingi anaknya yang mengikuti lomba mewarnai, tujuannya agar para orang tua dapat mempunyai semangat dan kemauan untuk melakukan pendampingan kepada para anaknya ketika berada di rumah masing-masing.

Dengan lomba mewarnai ini Dwi Susanto mengaku sangat takjub karena siswa tingkat PAUD dan TK/RA sudah berani membawakan warna yang sangat bagus dan cerah. “Lomba semacam ini sangat diperlukan demi mengasah bakat dan minat anak sejak usia dini. Sebab pendidikan akan mampu mewujudkan semua bakat dan minat sesuai potensi masing-masing anak,” pungkasnya.(ny/sr/rf)