Menjaga Keimanan dan KeIslaman, Kemenag Gandeng Baznas Bina 120 Mualaf

Karanganyar – Gandeng Baznas, Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan pembinaan bagi 120 warga yang menjadi mualaf pada tahun 2018, Kamis, (31/01). Kegiatan yang terselenggara di aula Panti Aisyiah ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin, Ketua Baznas, Sugiarso, Ketua MUI, KH. Zainudin dan Kasi Bimis, Museri.

Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin, yang membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada Baznas. Peran nyata Baznas di tengah masyarakat ini tidak lepas dari perolehannya yang setiap tahun mengalami kenaikan. Di tahun 2018 kemarin, Baznas membukukan perolehannya hingga mencapai 15,4 Miliar Rupiah.

“Peran Baznas ini sungguh luar biasa, sudah banyak melakukan hal untuk kemaslahatan umat. Dan kegiatan yang sangat menyentuh ini juga berasal dari dukungan Baznas Kabupaten Karanganyar,” kata Ahmad Nasirin.

Mualaf mendapatkan alokasi anggaran dari Baznas Kabupaten Karanganyar, karena termasuk ke dalam 8 asnaf/ golongan yang berhak menerima zakat. Fakir, Miskin, Amil Zakat, Mualaf, Riqab (Budak), Gharim, Fisabilillah, Ibnu Sabil.

Kepada para mualaf, Kepala Kemenag mendoakan semoga keIslaman para mualaf terjaga dengan baik hingga akhir hayat. Ditegaskannya bahwa Kementerian Agama sepenuh hati dalam membimbing para mualaf yang ada, sehingga apabila membutuhkan bimbingan bisa bersilaturahim ke Kantor Kemenag atau ke KUA untuk bertemu penyuluh.

“Pada kesempatan ini kami berdoa semoga bapak/ibu dapat menjaga keimanannya, sehingga menjadi orang muslim yang baik, kemudian muhsinin, mukhlisin, dan muttaqin. Janga lupa untuk dijaga ibadah-ibadah wajib dan yaumiyahnya,” jelas Ahmad Nasirin.

Tercatat pada seksi Bimis Kemenag Kabupaten Karanganyar, pada tahun 2018 ini ada 176 mualaf yang menyatakan ikrar syahadatnya. Baik di KUA maupun di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. Kedepannya, akan dibuat serangkaian pembinaan yang dikoordinir oleh Baznas dan Kementerian Agama bagi para mualaf di Kabupaten Karanganyar.(ida-hd/sua).