Menjaring Bibit Unggul ala K3MI

SUKOHARJO – Sebanyak 7 (tujuh) piala diborong oleh MIN 5 Sukoharjo pada perhelatan yang bertajuk Lomba Kompetisi Sain Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga (AKSIOMA) yang digelar oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan yang berlangsung  pada tanggal 17-18 Desember 2018 bertempat di MIN 2 Sukoharjo.

Perlombaan ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019.

 “K3MI mengadakan perlombaan ini dengan mengusung tema Membangun landasan bagi berkembangnya potensi siswa yang profesional kreatif, dan inovatif. Kegiatan lomba dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Sukoharjo,” Ihsan Muhadi.

Kakankemenag sangat mengapresisasi kinerja K3MI, yang secara rutin setiap tahun mampu menyelenggarakan kegiatan perlombaan serupa selain untuk memeriahkan HAB Kemenag perlombaan tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang pencarian bibit-bibit unggul yang nantinya akan maju dalam perhelatan KSM dan AKSIOMA yang sesungguhnya.

“Penjaringan jago-jago secara dini akan lebih baik dibanding secara mendadak. Para peserta  yang menang agar dibina lebih intens untuk disiapkan pada komba KSM dan AKSIOMA yang sesungguhnya,” kata Ihsan Muhadi.

 Khusus untuk lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kakankemenag berharap para finalis mampu meningkatkan kreativitas, inovasi, dan profesionilitas  dalam melaksanakan tugas sebagai Guru atau Kepala Madrasah, sehingga mampu mengantarkan  siswanya menjadi cerdas dan berkarakter.

 Untuk kategori siswa ada tujuh cabang perlombaan yaitu MTQ Pa/pi, Tahfidz, Pidato Bahasa Indonesia Pa/pi, serta Kompetisi Sain Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga (AKSIOMA). Sedangkan kategori Kepala dan Guru ada dua cabang perlombaan yaitu Kepala Berprestasi dan lomba Guru Berprestasi.

Dari ketujuh cabang yang dilombakan, tim dari MIN 5 Sukoharjo mampu membawa pulang piala di semua cabang, yaitu Fatikha Syarifina Wibowo  Juara I MTQ, Auna Fadhil Ramahan Juara II MTQ Putra, Sheza Luthfi Salma Afia Juara II Tahfidz, Rifqi Atsal Amrullah Juara II Pidato Bahasa Indonesia Putra, Endah Rizqi Rahmawati Juara Harapan I Pidato Bahasa Indonesia Putri, Hisbul Faqih Wicaksono Juara II KSM Mapel Matematika dan  Naura Ery Pambayun Juara Harapan I KSM Mapel IPA.(wied/djp/wul)