Menjelang KSM, MTs Almukaromah Sampang Pasang Kuda-kuda

Cilacap – Menjelang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MTs Almukaromah Sampang menyiapkan strategi khusus sebagai kuda-kuda. Persiapan yang dilaksanakan jauh-jauh sebelumnya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Sebanyak 38 siswa dari kelas tujuh dan delapan Kamis (27/4) mengikuti seleksi secara ketat. Mereka terdiri atas 18 siswa untuk mata pelajaran Matematika dan sisanya  mapel IPA.

Kepala MTs Al Mukaromah Sampang, Imam Asari mengatakan, bahwa untuk menyambut KSM tahun ini, pihaknya telah mengambil langkah-langkah strategis. Persiapan yang dilakukannya pun sudah dimulai sejak awal. Melalui tenaga pembimbing, para siswa yang memiliki potensi dan semangat untuk maju secara periodik digembleng dan diarahkan.

“Untuk menjadi yang terbaik memerlukan keseriusan, ketekunan, keuletan dan terutama keyakinan. Kelima hal tersebut harus seiring sejalan dipraktekkan. Kami menyadari bahwa semua siswa memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk maju. Berkualitas atau tidaknya akan sangat tergantung pada kualitas proses pendidikannya. Hal ini dibuktikan dengan semakin melejitnya prestasi madrasah di berbagai even,”katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Kasi Penma, Makmur Khaerudin baru-baru ini mengatakan, bahwa KSM sebagai ajang aktualisasi madrasah kepada publik memiliki peran yang sangat strategis. Di mana penguasaan sains oleh siswa madrasah akan membuka lebar-lebar mata publik kepada madrasah. Karenanya segala sesuatunya harus direncanakan dan diprogramkan dengan baik.

Menurutnya, tantangan perkembangan zaman saat ini menuntut manusia untuk menguasai ilmu dan teknologi. Karena iptek merupakan sarana penting dalam mencapai kemajuan sebuah negara. Dengan didasari ketauhidan dan akhlak, maka iptek akan menjadi sumber kemakmuran bangsa. (On/bd)