Menyiapkan Generasi Emas Penerus Bangsa Melalui Organisasi SKI

Kota Magelang  – Seksi Kerohanian Islam (SKI) yang dahulu benama Rohani Islam (Rohis) binaan Seksi Pakis Kementerian Agama Kota Magelang, menggelar acara Tabligh Akbar Peringatan Nuzulul Qur’an di Auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang Kampus 1. Tabligh Akbar Peringatan Nuzulul Qur’an yang bertema Pesan Qur’an Untuk Pemuda Milenial yang diawaki oleh pengurus SKI Kota Magelang Rabu (05/05).

Seksi Kerohanian Islam (SKI) adalah organisasi merupakan wahana perencanaan pelaksanaan dan pengembangan ekstra kurikuler di tingkat sekolah yang programnya adalah mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan di lingkungan sekolah. SKI disediakan bukan hanya untuk menyalurkan bakat dan minat siswa agar dapat berkembang sesuai keinginannya, tetapi juga sebagai sarana untuk belajar berorganisasi, bekerja sama serta mengembangkan karakter dan sikap atau kepribadian agar menjadi siswa yang berkarakter Islami.

Tabligh Akbar yang digagas oleh Pengurus SKI Kota Magelang kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Walikota dan wakil Walikota Magelang. Dalam sambutannya Walikota Magelang Aziz mengatakan “Saya merasa bernostalgia dengan organisasi yang dulu saya ikuti ketika duduk dibangku sekolah seperti kalian.  Saya adalah mantan aktifis organisasi Kerohanian Islam” ujar Nur Aziz disambut tepuk tangan oleh seluruh yang hadir. “Kehadiran saya di acara ini mudah-mudahan menjadi penyemangat dan inspirasi bagi kalian semua, bahwa organisasi SKI benar-benar merupakan wadah dalam membangun karakter siswa siswai yang berakhlakul karimah” imbuh Aziz.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang memberikan cinderamata kepada Walikota Magelang. Cinderamata yang diserahkan merupakan bentuk penghormatan dan  apresiasi atas dukungan Walikota Magelang terhadap kegiatan SKI serta bidang keagamaan lainnya. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur kala itu juga berpesan “Pengurus SKI Kota Magelang hendaknya selalu kreatif dan inovatif sehingga kegiatan-kegiatan yang diprogramkan tidak hanya direspon positif oleh anggotanya, akan tetapi juga tepat guna dan tepat sasaran” ujar Sofia Nur.  “Siswa-siswi yang tergabung dalam organisasi SKI adalah generasi emas penerus bangsa. Melalui organisas SKI mereka tidak belajar keterampilan untuk menjadi seorang pemimpin belaka, tetapi juga menumbuh kembangkan sikap keteladanan dan budipekerti mulia didalam dirinya” imbuh Sofia Nur.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan pelajar tingkat SMP/MTs  dan SMA/SMK/MA se-Kota Magelang ini berlangsung tertib dan lancar dengan tetap menegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan. Semoga para pelajar yang berkiprah dalam organisasi SKI Kota Magelang kelak nyata-nyata menjadi generasi penerus bangsa yang handal dalam mengisi pembangunan dan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa. (HS)