Merawat Kerukunan Umat Beragama Tanggung Jawab Bersama

Klaten – Dalam rangka memaksimalkan tugas fungsi serta merencanakan program kerja di tahun 2019, Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Klaten mengadakan Rapat Kerja yang dihadiri Kepala Kesbangpol, Kepala Kemenag serta seluruh pengurus FKUB Klaten bertempat di Hotel Muria Kaliurang Sleman selama dua hari 13-14 Januari 2019, Senin (14/1).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu awal yang sangat baik dan penting dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama di Klaten, dengan perencanaan awal yang baik akan menghasilkan hal yang sangat positif dalam menjaga kedamaian dan kesejukan masyarakat Klaten.

FKUB menjadi fasilisator dan mobilisator dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama, menyatukan perbedaan menjadi suatu kekuatan persatuan dan kesatuan,  serta menjadi perekat dalam kehidupan antar umat beragama demi membangun bangsa dan negara Indonesia yang lebih baik.

“Merawat kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat beragama dan pemerintahan di bidang pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan umat beragama, seluruh komponen masyarakat Indonesia harus bersama-sama saling memelihara serta menjaga kerukunan,” tandas Masmin.

FKUB diharapkan dapat memberi kontribusi untuk terus menjaga kerukunan umat beragama di Klaten, memantapkan kerukunan ditengah keberagaman, mampu mengoptimalkan dengan berbagi pengalaman, pemikiran, memantapkan koordinasi lintas agama. Selain itu dapat menetralisir dengan memberikan pengertian dan pengarahan, berperan memberikan penguatan bagi keberadaannya sehingga menjadi pencerah dikalangan umat. Menyerukan umat beragama untuk bersama-sama menjaga kerukunan antar umat beragama, apalagi di tahun politik 2019 ini.

“Selamat mengikuti raker dengan sebaik-baiknya, jadikan momentum ini untuk merencanakan dan mendiskusikan segala persoalan dan perencanaan dalam rangka membangun organisasi yang lebih baik, demi terciptanya kerukunan umat beragama,” imbuhnya.(aj/wul)