Meriah, Gebyar Tahun Baru Hijriyah di Pengadegan

Purbalingga – Sekitar 3500 peserta mengikuti kegiatan Peringatan Tahun Baru 1440 Hijriyah di Pengadegan – Purbalingga, Senin (10/09). Kegiatan yang didukung Forkompimcam Pengadegan, Korwilcam Dindikbud, Puskesmas Pengadegan serta keluarga besar RA/BA-MI dan MTs se-Kecamatan Pengadegan ini berlangsung meriah.

Pengawas Pendidikan Madrasah Kecamatan Pengadegan, Sanir usai melepas peserta pawai menjelaskan, kegiatan ini dimotori keluarga besar Pendidikan Madrasah Kecamatan Pengadegan yang terdiri dari 13 RA/BA dan 9 Madrasah Ibtidaiyah, serta dukungan sebuah Madrasah Tsanawiyah.

“Kegiatan ini didukung 1.367 siswa MI, 345 siswa RA/BA, 200 siswa Madrasah Tsanawiyah, 175 guru-guru RA/BA-MI serta para wali murid yang penuh antusias mendukung kegiatan tahunan ini,” jelas Sanir.

Ia menambahkan, salah satu di antara  tujuan diselenggarakannya kegiatan  tersebut adalah untuk mengenalkan kepada para siswa tentang adanya pergantian tahun Hijriyah dan membiasakan siswa dengan kalender Islam dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Adapun rute yang ditempuh berjarak sekitar 4 kilometer dari pertigaan Karangjoho (start) hingga komplek MIM Pengadegan (finish). Pasukan pawai didahului oleh Drumband gabungan guru-guru RA/BA-MI se-Kecamatan Pengadegan. Grup Thek-thek MIM Larangan dan Grup Rebana MI Karangjoho juga turut memeriahkan acara tersebut. Terkait keamanan kegiatan yang melibatkan ribuan orang tersebut, pihak panitia penyelenggara telah bekerjasama dengan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Bantuan Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) dan Kepolisian Sektor Pengadegan.

Kepala MIM Larangan, Soimin menjelaskan, usai pawai kegiatan dilanjutkan dengan pembagian doorprize.

“Acara pembagian doorprize kepada peserta pawai dibuka oleh Bapak Camat Pengadegan, dengan diselingi penampilan seni oleh para siswa perwakilan masing-masing lembaga pendidikan,” ungkapnya. (sar/gt)