Meriahkan Hari Jadi, Muh Arifin Ikuti Boyong Grobog

Grobogan – Dalam nguri-uri kebudayaan dan mengenang proses asal muasal Kabupaten Grobogan, Kamis (02/03), Pemerintah Kabupaten Grobogan menggelar prosesi budaya Boyong Grobog. Dinas dan instansi di Kabupaten Grobogan berpartisipasi aktif dalam prosesi tersebut, tidak ketinggalan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan Muh Arifin beserta istri Safa’atul Muniroh yang menaiki andong atau dokar mengiring prosesi budaya dari Kecamatan Grobogan ke Pendopo Kabupaten.

Kegiatan tahunan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Grobogan, yang pada tahun 2017 ini yang ke-291.

Kegiatan budaya yang bertujuan untuk menggeliatkan pariwitasa di Kabupaten Grobogan tersebut tahun ini dilaksanakan cukup meriah dibandingkan gelaran tahun-tahun lalu dengan mengerahkan paguyuban kelompok seni budaya, arakan gunungan serta mengikutsertakan siswa sekolah/madrasah di wilayah Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Grobogan untuk menyaksikan pagelaran budaya tersebut.

Sejarah Kabupaten Grobogan berasal dari Grobog (kotak) yang berisi dengan senjata pusaka. Diceritakan dalam sejarahnya, pada saat zaman kerajaan Majapahit ada pasukan kerajaan yang diutus untuk mengirim senjata pusaka kerajaan dan dimasukan dalam kotak atau grobog. Rombongan tersebut kemudian bertemu dengan perampok dan mereka lari meninggalkan grobog. Oleh Sunan Kalijaga, para perampok tersebut berhasil dikalahkan dan merebut kembali grobog. Kemudian tempat tertinggalnya grobog itu dinamakan Grobog atau Grobogan.

Pada awal terbentuknya Kabupaten Grobogan hanya meliputi beberapa wilayah saja yaitu Sela, Teras, Karas, Wirosari, Santenan, Grobogan, dan beberapa daerah di Sukowati bagian Utara Bengawan Solo dengan adipati/ Bupati pertama adalah Pangeran Puger. Namun lambat laun, wilayah Kabupaten Grobogan kemudian ditetapkan menjadi seperti sekarang ini dengan jumlah 19 kecamatan.

Adapun Boyong Grobog menceritakan perpindahan kota kabupaten dari Kecamatan Grobogan ke Kecamatan Purwodadi. (pr/gt)