Meriahkan Hari Kartini, MAN Blora Gelar Berbagai Lomba

Blora – Meskipun hari kartini sudah terlewati pada bulan April Kemaren, namun  pengurus OSIS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora masih menggelar berbagai lomba untuk memperingati perjuangan kartini kemaren (2/5) dengan berbagai lomba antara lain  memasukkan pensil ke botol, tutorial hijab, hias mahar, rujak, dan fashion show.

Pembina OSIS MAN Blora, Fandholin, M.Pd menjelaskan sekolah memiliki peran sebagai pusat penanaman karakter tiada henti berinovasi dan memberi ruang bagi siswa untuk berkreasi termasuk di dalamnya dalam menggelar lomba memeriahkan hari kelahiran RA Kartini lakukan.

Menurut Fandholin diselenggarkannya lomba-lomba tersebut menjadi wahana untuk menumbhkan semangat kartini muda serta untuk mengasah bakat dan kreativitas anak. Lomba fashion show misalnya, bertujuan agar anak tidak jenuh sehari-hari memakai pakain sekolah. Selain itu mengenakan kain kebaya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya yakni budaya cinta busana Jawa.

“Lomba juga untuk merangsang kreativitas dan menumbuhkan rasa percaya diri ketika harus berlenggak – lenggok di depan para hadirin,” kata Fandholin.

Kepala Sekolah MAN Blora Drs. H. Amiruddin Aziz, M.Pd memberikan apresiasi yg baik terhadap pelaksanaan acara tersebut karena merupakan upaya mengngat kembali perjuangan kartini dalam menumbuhkan semangat emansipasi kaum wanita.

Menurut Amir, kegiatan yang memiliki nilai positif harus didukung dan perlu dikembangkan serta dievaluasi dan ditingkatkan  lagi sehingga semangat kartini membekas dihati anak anak tersebut untuk menteladani nilai nilai positif. (ima/Umi/bd)