Meriahnya AKSIOMA , Meski Hanya Diikuti 2 MI

Banyumas – Setiap peserta didik memiliki potensinya masing-masing yang harus dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan positif seperti Ajang Kreatifitas Seni Islami dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA). Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pada pencapaian Panca Prestasi Madrasah yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Prestasi Akhlak Mulia, Prestasi Ilmu Keagamaan, Prestasi Sains dan Teknologi, Prestasi Bahasa dan Budaya, serta Prestasi Olahraga dan Seni. Hal tersebut disampaikan Ketua KKM MI Kecamatan Purwokerto Timur, Sabar Munanto, saat upacara pembukaan AKSIOMA  Sabtu (07/01) di MIN Purwokerto.

“Meski di kecamatan kita hanya dua MI, namun AKSIOMA  harus tetap dilaksanakan. Agar terwujud peserta didik yang kompetitif. Meski hanya dua MI, tapi dari sini lah, lahir artis-artis yang mampu menjadi juara di tingkat provinsi. Seperti juara I Lomba Pidato Bahasa Inggris Putra AKSIOMA  Tahun 2012, Juara III Pidato Bahasa Indonesia Putra Tahun 2013, Juara II MTQ Putri Tahun 2014 dan 2015,” ungkap Sabar.

Sementara itu, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Purwokerto Timur, Hidayaturrohmah berharap agar peserta AKSIOMA  tahun 2017 mampu menunjukkan kemampuannya didepan juri atau wasit dan mampu berprestasi hingga di tingkat Kabupaten Banyumas.

“Anak-anak harus semangat, tunjukkan kemampuanmu di depan juri atau wasit agar prestasi-prestasi selama ini diraih oleh kecamatan Purwokerto Timur dapat diraih kembali pada tingkat kabupaten dan provinsi,” ujar Hidayaturrohman.

Hidayaturohmah juga berpesan, agar pembinaan peserta didik dilakukan secara kontinu, terprogram dan direncanakan dari awal tahun ajaran, bukan program yang bersifat mendadak ketika akan dilaksanakan lomba.

“Mudah-mudahan kegiatan rutin yang sudah kita agendakan seperti AKSIOMA  ini, tidak dipersiapkan secara mendadak. Namun betul-betul merupakan program pembinaan rutin yang sudah dipersiapkan sejak awal tahun ajaran,” harapnya

AKSIOMA  Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2017 diikuti oleh Kontingen MIN Purwokerto dan MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor sejumlah 94 siswa. Cabang lomba yang dipertandingkan diantaranya adalah Pildacil Bahasa Indonesia, Pildacil Bahasa Jawa, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Murottal, Tahfidz, Sinopsis Islami, Hadroh, Bulu Tangkis, dan Catur. AKSIOMA  dibuka oleh PPAI Purwokerto Timur dan dimeriahkan oleh grup drumband Gema Insan Cendekia MIN Purwokerto. Selanjutnya para juara akan bertanding di tingkat Kabupaten Banyumas pada 12 Januari mendatang. (ak/gt)